Polisi Dalami Sosok Pemberi Order Pembubaran Diskusi FTA di Kemang

Sedang Trending 1 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 08 Okt 2024 09:37 WIB

Lebih dari satu pekan setelah pembubaran paksa obrolan di Kemang, polisi belum dapat mengungkap dalang nan memberi order pembubaran. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi. (Arsip Istimewa via detikcom)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi masih belum dapat mengungkap sosok nan memberikan order alias perintah untuk membubarkan acara diskusi Kemang nan digelar Forum Tanah Air (FTA) di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan.

Saat ini polisi terus mendalami kasus ini untuk mengungkap pelaku nan memberikan perintah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya tetap dilakukan pendalaman, minta waktu rekan-rekan, lantaran interogator tetap mengumpulkan fakta-fakta lanjutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (8/10).

Sosok pemberi order ini awalnya diperoleh dari keterangan salah satu tersangka berinisial FEK. Kepada polisi, ia  mengaku mendapat order untuk membubarkan obrolan tersebut pada Jumat (27/10) alias satu hari sebelum aktivitas digelar.

Ade Ary menyebut interogator Ditreskrimum Polda Metro Jaya juga tetap mendalami apakah ada hadiah nan diperoleh para tersangka untuk membubarkan aktivitas obrolan tersebut.

"Nanti kami pembaruan lagi apa motifnya," ucap dia.

Sebelumnya, FTA menggelar aktivitas obrolan di sebuah hotel di Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (28/9). Namun, obrolan tersebut tiba-tiba dibubarkan sekelompok orang dan sempat menuai kericuhan.

Buntut peristiwa itu, polisi telah menangkap dan menetapkan sembilan orang sebagai tersangka. Para tersangka ini mempunyai peran berbeda, mulai dari merusak peralatan hingga menendang satpam hotel.

Selain itu, Bidang Propam Polda Metro Jaya juga turun tangan untuk mendalami soal dugaan pelanggaran SOP oleh anggota. Setidaknya ada 30 personil polisi dan enam penduduk nan dimintai keterangan mengenai perihal ini.

(dis/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional