Polisi Temukan Ladang Ganja di Lereng Gunung Semeru

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Petugas campuran Polres Lumajang, Jawa Timur, menemukan ladang ganja di lereng Gunung Semeru kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Lokasi ladang ganja tersembunyi itu berada di lereng Semeru yang berada di wilayah manajemen Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Ratusan peralatan bukti pohon ganja sudah disita, dan dua terduga pelaku pun diamankan di Mapolres Lumajang.

Penangkapan ini berasal dari laporan masyarakat mengenai aktivitas mencurigakan mengenai narkotika di area rimba lereng Semeru, Desa Argosari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan info itu tim campuran nan dipimpin Kabagops Polres Lumajang Kompol Jauhar Maarif dan Kasatresnarkoba AKP Aris Harianto melakukan penelusuranke letak pada Rabu (18/9) kemarin.

Hasilnya, ditemukan sejumlah lahan nan ditanami ratusan pohon ganja siap panen setinggi 1,5 hingga 2 meter. Diduga usia tanaman itu sekitar tiga sampai empat bulan.

"Dalam penyergapan itu, abdi negara mengamankan dua orang penduduk setempat, NY dan BB. Keduanya diduga kuat sebagai pelaku penanaman ganja," kata Jauhar Ma'arif, Kamis (19/7).

Ia mengatakan, letak penanaman dilakukan di rimba lereng Gunung Semeru nan tersembunyi. Medan menuju letak sangat terjal dan susah dijangkau. Pelaku diduga sengaja memilih lahan itu untuk menghindari deteksi.

"Para pelaku sangat cerdas dalam memilih lokasi. Mereka memanfaatkan medan nan ekstrem untuk mengelabui petugas," ungkap Jauhar.

Tim campuran nan terdiri dari TNI, Polri, dan petugas TNBTS sendiri sukses menemukan empat titik ladang ganja. Total keseluruhan, petugas sukses mengamankan sekitar 453 tanaman ganja.

"Seluruh tanaman ganja nan sukses disita telah dibawa ke Mapolres Lumajang sebagai peralatan bukti, Sementara itu, kedua terduga saat ini tetap menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap," ujar Jauhar.

Petugas campuran Polres Lumajang, Jawa Timur, menemukan ladang ganja di lereng Gunung Semeru area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang. Tim campuran nan terdiri dari TNI, Polri, dan petugas TNBTS sendiri sukses menemukan empat titik ladang ganja. Total keseluruhan, petugas sukses mengamankan sekitar 453 tanaman ganja. (Dok. TNBTS)Tim campuran nan terdiri dari TNI, Polri, dan petugas TNBTS sendiri sukses menemukan empat titik ladang ganja di lereng tersembunyi Gunung Semeru. (Dok. TNBTS)

Sementara itu, Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Hendra membenarkan temuan itu, namun belum bisa berbincang banyak.

"Terkait dengan penemuan ladang ganja di area TNBTS, kami atas ibu TNBTS belum bisa memberikan statement lebih lanjut. Dari hasil pengecekan, memang letak tersebut masuk dalam area TNBTS," kata Hendra.

Hendra mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Polres Lumajang yang melakukan penyelidikan mengenai info secara lengkap, kronologi, tersangka dan peralatan bukti.

"Pihak TNBTS terus berkoordinasi dengan Kepolisian mengenai perihal tersebut," katanya.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional