Polisi: Terduga Teroris di Batu Malang Gunakan Bom Bahan TATP

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 14:10 WIB

Terduga teroris nan ditangkap di Malang disebut hendak melakukan tindakan teror di tempat ibadah dengan menggunakan bahan peledak jenis TATP. Penangkapan terduga teroris di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Baru Malang. (CNN Indonesia/ Farid)

Surabaya, CNN Indonesia --

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sukses menangkap terduga teroris berinisial HOK (19), di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu Malang.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Dirmanto mengatakan HOK diduga hendak melakukan tindakan teror peledak di tempat ibadah. Namun pelaku sukses ditangkap oleh tim Densus 88 sebelum beraksi.

"Dari hasil penyelidikan, tersangka diketahui berencana melakukan tindakan teror peledak bunuh diri di tempat ibadah dengan menggunakan bahan peledak jenis TATP (Triaceton Triperoxide)," kata Dirmanto dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terduga teroris HOK merupakan simpatisan dari golongan teroris Daulah Islamiyah nan berafiliasi dengan ISIS. Selain menangkap tersangka, Densus juga mengamankan beberapa orang untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Densus dan Polda Jatim juga melakukan penggeledahan di salah satu rumah kontrakan di kompleks perumahan Bunga Tanjung, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Tim dari Laboratorium Forensik dan Jibom Polda Jatim dikerahkan.

"Dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa peralatan bukti ialah 1 botol cairan TATP nan berkekuatan ledak tinggi, dan enam dirigen berisi cairan kimia. Selain itu juga ditemukan ketapel dan 1 toples berisi Gotri," katanya.

Atas perbuatan tersangka, polisi bakal menjeratnya dengan Pasal 15 Jo Pasal 7 dan alias Pasal 9 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang.

(frd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional