Politikus PDIP Sebut Deklarasi Oposisi Ganjar Tak Mewakili Partai

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 15:01 WIB

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menyebut pernyataan Ganjar Pranowo berada di luar pemerintahan tak mewakili sikap partai secara keseluruhan. Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menjelaskan pernyataan Ganjar Pranowo mengenai oposisi. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menyebut pernyataan Ganjar Pranowo untuk berada di luar pemerintahan tak mewakili sikap partai secara keseluruhan.

"Setahu saya itu sikap Pak Ganjar Pranowo. Sikap PDIP tentu nan menyampaikan pasti Pak Sekjen alias DPP. Jangan dicampuradukkan," kata Hendrawan saat dihubungi, Rabu (8/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Hendrawan meyakini keputusan Ganjar tidak diambil secara sembarangan. Sebagai kader, dia menganggap Ganjar juga memahami suasana kebatinan partainya.

Hendrawan menuturkan keputusan untuk berada di luar pemerintahan juga bukan perihal buruk. Menurut dia, oposisi tetap kudu dilihat sebagai upaya untuk melengkapi peran dalam demokrasi.

"Tentu sikap tersebut tidak disampaikan secara sembarangan. Sebagai kader PDIP dia tahu suasana jiwa nan ada di PDIP. Tetapi sikap resmi PDIP bukan apa nan disampaikannya. Dia juga tahu perihal tersebut," ucap dia.

Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku partainya menghormati pilihan Ganjar. Menurut Hasto, pernyataan Ganjar hanya mau menegaskan bahwa dia tak bakal menjadi menteri di pemerintahan Prabowo.

Secara kepartaian, ucap Hasto, arah PDIP baru bakal dibahas dalam Rakernas V pada bulan ini. Dia menyebut arah PDIP untuk berada di dalam alias di luar sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Sikap politik PDIP apakah di dalam alias di luar pemerintahan itu bakal dibahas dalam rakernas, tapi konstitusi partai menegaskan bahwa itu merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP," katanya, Selasa (6/5).

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional