Polri Koordinasi dengan BSSN Selidiki Gangguan Pusat Data Nasional

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 22 Jun 2024 17:07 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan BSSN untuk mengusut gangguan pada server Pusat Data Nasional. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan BSSN untuk menyelidiki gangguan pusat info nasional. (Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengusut gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN).

"Saya kira mengenai dengan hal-hal nan berkarakter serangan siber, kita kerja sama dengan BSSN untuk melakukan semacam assessment, research," kata Sigit kepada wartawan, Sabtu (22/6).

Sigit juga menyampaikan pihaknya bakal melakukan penyelidikan lebih lanjut jika ditemukan ada unsur pidana dalam peristiwa ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nanti andaikan ditemukan, maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian," ucap dia.

Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan diduga akibat serangan hacker sejak Kamis (20/6) nan berkapak ke sejumlah jasa publik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya sedang melakukan pemulihan secara berjenjang pada Pusat Data Nasional.

Gangguan nan terjadi pada Pusat Data Nasional tersebut berakibat pada beberapa jasa publik termasuk aplikasi jasa nasional nan terintegrasi, seperti jasa keimigrasian di bandar udara.

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional nan berakibat pada beberapa jasa publik," kata Budi Arie melansir dari website resmi Kominfo pada Kamis (20/6).

"Saat ini kami sedang melakukan pemulihan jasa secara bertahap," sambung dia.

(dis/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional