Polri Terjunkan Pasukan Berkuda-Anjing Pelacak di WWF ke-10 Bali

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 11:00 WIB

Pasukan berkuda itu ditempatkan pada aktivitas nan berkarakter preventif, di antaranya patroli khususnya di jalur alias sekitar ITDC Nusa Dua Bali. Polri menerjunkan Detasemen Turangga alias pasukan berkuda hingga puluhan anjing pencari untuk mengamankan gelaran World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polri menerjunkan Detasemen Turangga atau pasukan berkuda hingga puluhan anjing pencari untuk mengamankan gelaran World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang.

Kasubsatgas Sterilisasi Satgas Preventif Operasi Puri Agung 2024 Kombes Harri Muharram Firmansyah menjelaskan pasukan berkuda itu berasal dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri.

"Ada empat ekor kuda nan disiapkan. Jenis kudanya Warmblood berasal dari Belanda," ujar Harri dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Harri menjelaskan pasukan berkuda itu ditempatkan pada aktivitas nan berkarakter preventif, di antaranya patroli khususnya di jalur alias sekitar ITDC Nusa Dua Bali.

"Pasukan berkuda ini untuk melaksanakan aktivitas nan sifatnya alias medannya nan tidak bisa dilalui kendaraan," kata Harri.

"Oleh lantaran itu, bisa menggunakan Turangga ini, namun pada penyelenggaraan event ini (pasukan berkuda) hanya melaksanakan patroli nan sifatnya jaraknya sedang," ujarnya.

Sementara itu, drh. Nadia Kamila selaku master hewan mengatakan pihaknya mempersiapkan kondisi kuda nan diturunkan secara maksimal, dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari drop-nya alias menurunnya kondisi menghadapi perubahan cuaca.

"Kita tidak sendiri, tapi juga bekerja sama dengan para pawangnya," jelas Nadia.

Selain kuda, pihak kepolisian juga menerjunkan 34 anjing pencari alias K9 sebagai pengamanan, mulai dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Pelabuhan Ketapang di perbatasan NTB, untuk mencegah tindak kejahatan.

Polri mengerahkan 5.791 personel dalam Operasi Puri Agung 2024 dengan support beragam sarana dan prasarana modern nan terintegrasi melalui Command Center Polri dengan menjamin keamanan VVIP dan VIP mulai dari kedatangan, akomodasi hingga kepulangan.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Marsekal Madya M Khairil Lubis mengatakan terdapat 14.000 lebih personel gabungan, baik TNI-Polri maupun unsur kementerian dan pemerintah wilayah di Bali.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional