Prabowo Masih Panggil Para Calon Menteri, Tak Dilantik Sebelum Bertemu

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 11 Okt 2024 21:39 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut tetap melakukan pemanggilan terhadap para calon menterinya hingga menjelang pelantikan pada 20 Oktober mendatang. Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut tetap melakukan pemanggilan terhadap para calon menterinya hingga menjelang pelantikan pada 20 Oktober mendatang. (AFP/YASUYOSHI CHIBA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut tetap melakukan pemanggilan terhadap para calon menterinya hingga menjelang pelantikan pada 20 Oktober mendatang.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa proses tetap dibicarakan. Dia bilang pembicaraan soal itu baru bakal final pada akhir pekan ini.

"Proses pemanggilannya ini masih, pengundangannya tetap dibicarakan. Kemungkinan baru besok alias minggu baru final. Kemudian baru bakal dilakukan pengundangan kepada para calon," kata Dasco di kediaman Prabowo, Kartanegara, Jumat (12/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Dasco, proses pemanggilan kepada para calon menteri merupakan syarat mutlak. Dia menegaskan tanpa berjumpa langsung calon menteri tak bakal dilantik.

"Kalau calon-calon menteri enggak mungkin dilantik jika sebelum ketemu," katanya.

Dasco belum dapat memastikan apakah proses pemanggilan lanjutan kepada para calon menteri oleh Prabowo bakal dilakukan secara terbuka alias tertutup. Meski sejauh ini proses tersebut dilakukan secara tertutup.

"Saya belum tahu, tergantung Sabtu alias Minggu apakah itu bakal terbuka, apakah itu kemudian bagaimana. Tapi saya pikir sigap alias lambat kan ini dari tanggal 15 ke tanggal 20 pun ya mungkin belum tahulah nanti," katanya.

Menurut Dasco pemanggilan itu dilakukan agar sebagai proses uji kepantasan dan kepatutan (fit and proper test) Prabowo terhadap calon menterinya sebelum dilantik.

Dia menilai para calon menteri nantinya bakal bertatap muka langsung dengan Prabowo. Upaya itu tetap bakal dilakukan meski tim transisi sudah melakukannya lebih dulu.

"Nanti bakal ada semacam fit and proper, walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi bakal langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco di kompleks parlemen, Jumat (12/10).

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional