TNI: Pasukan Tugas di Lebanon Selatan Dalam Keadaan Aman

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 11 Okt 2024 20:46 WIB

Mabes TNI menyatakan pasukan TNI nan tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian di Lebanon dalam kondisi kondusif pasca tembakan militer Israel ke markas UNIFIL. Mabes TNI menyatakan pasukan TNI nan tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian di Lebanon dalam kondisi kondusif pasca tembakan militer Israel ke markas UNIFIL. REUTERS/AZIZ TAHER

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes TNI menyatakan pasukan TNI nan tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian di Lebanon atau UNIFIL dalam kondisi kondusif pasca tembakan dari militer Israel ke markas UNIFIL.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Hariyanto mengatakan prajurit melakukan aktivitas seperti ketentuan dari Force Commander UNIFIL.

"Seluruh pasukan TNI nan saat ini sedang bekerja di Lebanon Selatan dalam keadaan aman, melakukan aktivitas sesuai dengan ketentuan nan dikeluarkan oleh Force Commander UNIFIL," kata Hariyanto saat dihubungi, Jumat (11/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada dua prajurit TNI nan terluka ringan imbas serangan dari Israel ialah berinisial EA dan NS

"Status kedua prajurit TNI, EA dan NS nan mengalami luka ringan dalam peristiwa tersebut di atas, merupakan bagian dari pasukan perdamaian PBB (UNIFIL) di bawah mandat UN No 1701," katanya.

Ia juga menjelaskan peristiwa serangan Israel kepada aset UNIFIL sepenuhnya merupakan kewenangan UNIFIL untuk melakukan protes alias keberatan kepada pihak nan dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap mandat UN 1701.

"Saat ini UNIFIL secara resmi telah merespon peristiwa tersebut dengan menyatakan agar semua pihak nan bertikai dapat menahan diri, menghormati dan menjamin keamanan seluruh pasukan PBB nan berada di wilayah tersebut," ujarnya.

Sebuah tank Israel menembaki sebuah menara pengawas di markas utama UNIFIL di Naqoura pada Kamis (10/10). Serangan itu melukai dua personel UNIFIL nan merupakan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Indonesia mengutuk keras serangan nan melanggar norma humaniter internasional dan resolusi DK PBB 1701 tersebut.

Indonesia mendesak semua pihak untuk menjamin dihormatinya inviolability alias tidak dapat dilanggarnya wilayah PBB dalam segala waktu dan keadaan.

Naqoura terletak di Lebanon selatan, dalam area nan disebut blue line alias wilayah netral. Pasukan perdamaian PBB berada di area tersebut atas mandat Dewan Keamanan PBB untuk mendukung stabilitas keamanan Lebanon.

UNIFIL mempunyai sekitar 10.000 pasukan penjaga perdamaian nan ditempatkan di Lebanon selatan. Sekitar 1.200 personel UNIFIL merupakan prajurit TNI.

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional