Pramono Janji Akan Selesaikan Masalah Kampung Bayam Peninggalan Anies

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon gubernur DKI Jakarta Pramono Anung berjanji bakal menyelesaikan masalah Kampung Bayam peninggalan Anies Baswedan jika dirinya terpilih pada Pilkada mendatang.

"Kampung Bayam pun bakal kami selesaikan. Saya berjanji bakal menyelesaikan persoalan Kampung Bayam," kata Pram saat berjumpa Ahok di Simpang Semanggi, Jakarta, Kamis (19/9).

Pram mengaku bakal mempelajari kasus nan dihadapi penduduk Kampung Bayam setelah Anies di akhir masa jabatannya padahal sudah menyerahkan kunci rumah susun kepada warga. Dia mengaku bakal menyelesaikan masalah pemberian kunci tersebut terlebih dahulu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Maka kami jika bakal menyelesaikan persoalan itu, nan kudu diutamakan lantaran rumah susun itu dibangun memang untuk kompensasi itu, sehingga prioritasnya hanya untuk itu, enggak boleh ada nan lain," katanya.

Terlebih, kata Pram, masalah Kampung Bayam sebetulnya sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri nan juga ketua umum partainya. Kala itu, kata Pram, Mega memberikan kewenangan kepada penduduk di tengah krisis untuk meninggali wilayah tersebut.

"Dan rupanya setelah saya pelajari, Kampung Bayam ini ada sejak era pemerintahan Megawati Soekarnoputri ketika krisis diberikan ruang masyarakat untuk mengelola Kampung Bayam," katanya.

Menurut Pram, perlu ada sosialisasi ulang untuk menyelesaikan persoalan penduduk nan menolak bayar retribusi rumah susun nan dibangun Pemda. Dia meyakini tak sepenuh penduduk menolak kebijakan tersebut.

"Kalau enggak salah ada 135 alias 133 KK, saya minta maaf jika salah, tapi kurang lebih itu bahwa memang kudu ada ruang untuk duduk kembali bermufakat bermusyawarah," katanya.

Polemik nasib penduduk eks Kampung Bayam, Jakarta Utara, sekarang kembali mengemuka menjelang Pilkada Jakarta 2024.

Nasib mereka sekarang terkatung-katung dan kesulitan menghuni Rumah Susun Kampung Bayam nan semula disebut disediakan cuma-cuma buat mereka usai proyek area Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Usai Anies berakhir menjabat, penduduk Kampung Bayam nan menempati Kampung Susun Bayam (KSB) di Jakarta Utara sempat diminta secara paksa untuk meninggalkan kediaman setelah sempat diusir paksa pada Selasa (21/5) malam lalu

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional