Presiden Jokowi Bertemu Sejumlah Petinggi Vale Indonesia, Ini yang Dibahas

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -  Presiden Joko Widodo alias Jokowi menerima kunjungan petinggi PT Vale IndonesiaTbk di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 5 September 2024.

Mereka adalah Direktur PT Vale Indonesia Febriany Eddy, Chairman Vale Base Metal Global Mark Cutifani, dan Chief Sustainable and Corp Affair Vale Base Metal Emily Olson. 

Apa nan dibahas?

Febriany mengatakan dirinya mau memperkenalkan petingga Vale Base Metals, seperti chairman vale base metal nan sedang berjamu ke Indonesia. Ia menyebut tidak ada laporan unik kepada Jokowi.  Dia mengatakan hanya bakal mengucapkan terima kasih atas support pemerintah selama ini kepada Vale. 

“Kami berambisi bahwa bakal mendapat support saja, sekalian meng-update juga progres-program perkembangan kita terakhir ini,” katanya.

Saham PT Vale sah dipegang oleh Perusahaan pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Mineral Industri Indonesia (Mind Id) sebesar 34 persen pada Juli 2024, dari sebelumnya 20 persen.

Iklan

Penandatanganan perjanjian transaksi definitif akuisisi 14 persen kepemilikan saham campuran secara pro rata Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM) di INCO oleh MIND ID dilakukan pada Senin, 26 Februari 2024.

"MIND ID berbareng VCL dan SMM telah menyepakati syarat dan ketentuan untuk penyelenggaraan akuisisi saham PT Vale oleh MIND ID nan setara dengan sekitar 14% (empat belas persen) dari total kepemilikan saham PT Vale nan bakal diselesaikan segera setelah segala kondisi prasyarat terpenuhi dan dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan nan berlaku," bunyi keterangan Mind ID dikutip dari situs resminya.

Adapun, nilai divestasi saham tersebut disepakati di nomor Rp 3.050 per saham dengan total investasi nan dikeluarkan MIND ID senilai US$ 300 juta alias sekitar Rp 4,69 triliun (asumsi kurs saat itu Rp 15.635 per dolar AS).

Istana Kepresidenan belum memberikan keterangan soal pertemuan Jokowi dan petinggi PT Vale Indonesia.

KAKAK INDRA PURNAMA | DANIEL A. FAJRI | MIND ID
Pilihan editor: Penjelasan Lengkap Bos Vale Soal Tuduhan Praktik Dirty Nickel di RI

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis