Private Dinner Prabowo dan Jokowi Jelang Pelantikan Presiden

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) santap malam berbareng alias private dinner di restoran Hutan Kota Plataran, area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (8/10). Momen santap malam berbareng itu dipamerkan Jokowi lewat akun IG @jokowi.

"Diskusi santuy sembari santap malam berbareng Presiden Terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," tulis Jokowi di akunnya.

Dalam foto itu, Jokowi dan Prabowo tampak duduk berhadap-hadapan dalam satu meja panjang dengan hidangan minuman di atasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi dan Prabowo selalu menjalin komunikasi nan erat dan intens di setiap kesempatan, baik dalam forum umum maupun pertemuan informal.

"Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan melangkah dengan baik dan lancar," kata Ari.

Ari menyebut Jokowi dan Prabowo membicarakan sejumlah hal, terutama mengenai keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan.

Adapun Prabowo Subianto bakal dilantik menjadi presiden berbareng Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, sistem pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan tetap menggunakan patokan nan lama.

Presiden Jokowi sebelumnya membuka kesempatan untuk tidak mendampingi Prabowo dalam agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029 di Senayan, Jakarta, Minggu (20/4) mendatang.

"Ya, mungkin ndak," kata Jokowi usai meresmikan pembukaan BNI Investor Daily Summit di JCC, Jakarta Pusat, Selasa.

Namun, Jokowi tak membeberkan perincian aktivitas dirinya saat agenda pelantikan berlangsung. Jokowi hanya mengaku bakal bertolak ke Surakarta, Jawa Tengah, di hari pelantikan Prabowo-Gibran.

Namun, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selanjutnya memastikan Jokowi bakal menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran di Senayan, Minggu (20/10).

"Insya Allah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan bakal datang di Pelantikan. So pasti lah Pak Presiden datang kelak di pelantikan 20 Oktober," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10).

Pratikno menyebut secara patokan tidak ada nan mengatur tentang kehadiran Presiden Jokowi pada pelantikan tersebut. Namun, dia menjelaskan bahwa menjadi tradisi Presiden sebelumnya datang pada saat pelantikan Presiden terpilih.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional