Profil Produsen Jam Tangan Casio yang Dipakai Paus Fransiskus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia menarik banyak perhatian publik. Usai sampai di Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa, 3 September 2024, sosok ketua umat katolik sedunia itu terus menjadi sorotan. Salah satunya adalah mengenai kesederhanaan nan di perlihatkan Paus Fransiskus.

Kesederhanaan itu mulai dari Paus Fransiskus nan memilih menumpangi pesawat komersial dibanding jet pribadi, menaiki mobil Innova sebagai kendaraannya di Indonesia, hingga menginap di Kedutaan Besar Vatikan. Tak berakhir sampai disitu, warganet juga menyoroti arloji nan dipakai Santo Bapa –julukan Paus Fransiskus.

Seorang warganet menemukan bahwa arloji hitam putih nan dipakai Paus Fransiskus bermerek Casio dengan jenis MQ24-7B2. “Jam tangan Paus Fransiskus, Casio MQ24-7B2. Harga 8 US Dollar alias Rp 124 ribu. Harga tersebut dikonfirmasi Casio pada tahun 2020 nan lalu,” tulis seorang warganet dengan akun @JhonSitorus_18.

Berdasarkan penelusuran Tempo, produsen arloji Casio pernah mengkonfirmasi bahwa Paus Fransiskus memang memakai arloji buatan mereka. “Sepertinya Paus Fransiskus memakai MQ-24 Casio. Model ini adalah salah satu jejeran arloji dasar kami dan disukai banyak orang di seluruh dunia,” kata seorang perwakilan Casio pada Desember 2020, dikutip dari Religion Unplugged. Lebih lanjut, berikut profil produsen arloji Casio nan dipakai Paus Fransiskus.

Profil Perusahaan Casio

Casio Computer Co Ltd (Casio) adalah produsen dan pemasar perangkat elektronik. Produk utama Casio meliputi jam tangan, kamus elektronik, kalkulator, printer label, instrumen musik elektronik, solusi SDM, sistem pendukung manajemen, proyektor data, komponen nan dibentuk, dan cetakan. 

Casio berdiri sejak tahun 1946 dan menawarkan produknya dengan beragam merek ternama, seperti G-Shock, Baby-G, Sheen, dan Pro Trek. Perusahaan ini beraksi di Timur Tengah, Asia, Amerika, dan Eropa. Adapun instansi pusat Casio terletak di Shibuya-ku, Tokyo, Jepang.

Melansir dari Market Screener, Casio mempunyai total lebih dari 13 ribu tenaga kerja di seluruh dunia. Sebesar 98 persen penjualannya berasal dari produk elektronik konsumen, seperti kalkulator, kamus elektronik, printer label, kamera digital, instrumen musik, dan lain-lain; perangkat seluler terutama ponsel; jam; arloji digital dan analog; dan lain sebagainya, termasuk proyektor data, komputer, printer, mesin kasir, dan lainnya. Sementara dua persen penjualan Casio lainnya disumbang oleh komponen-komponen elektronik.

Iklan

Casio didirikan empat orang Kashio bersaudara. Mereka adalah Kashio Tadao, Kashio Toshio, Kashio Kazuo, dan Kashio Yukio. Pada tahun 1946, Tadao mendirikan Kashio Seisakujo, pendahulu Casio, berbareng tiga tenaga kerja muda. Dia juga dibantu tiga adiknya untuk mengerjakan beragam pekerjaan sub kontraktor. 

Pada awal berdiri, Kashio Seisakujo memproduksi pipa Yubiwa nan kemudian dananya digunakan untuk mengembangkan kalkulator. Kalkulator pertama mereka pun sukses dibuat pada 1957 setelah tiga tahun pengembangan dan melalui banyak kegagalan. 

Bersamaan dengan peluncuran kalkulator relay pertamanya, keempat laki-laki berkerabat itu pun mendirikan perusahaan Casio Computer Co. Ltd. untuk mengembangkan dan memproduksi kalkulator. Sejak saat itu, Casio terus berinovasi dan membikin beragam produk hingga melebarkan sayap ke industri arloji dan beragam bagian lainnya

Melansir dari Morning Star, Casio Computer adalah perusahaan elektronik konsumen nan berfokus pada diferensiasi dengan menjual perangkat unik dengan nilai terjangkau. Casio membangun identitasnya dengan meluncurkan Casio Mini, nan dikenal sebagai kalkulator pribadi pertama pada tahun 1972. 

Casio juga dikenal lantaran memproduksi arloji nan handal dan fungsional dengan merek G-Shock, nan datang pada tahun 1983. Perusahaan ini mengulangi kesuksesannya pada 1995 dengan merilis QV-10, kamera digital pertama di bumi dengan layar LCD. Lalu pada tahun 2002, mereka meluncurkan EX-S1, kamera digital pertama nan mencapai ukuran kartu nama.

Pilihan editor: Profil Jonan Ketua Penyambutan Paus Fransiskus, Menyulap Wajah Kumuh Kereta Api dalam 5 Tahun

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis