Profil Singkat 5 Nama yang Diusulkan Suku Betawi di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Musyawarah atau Bamus Suku Betawi 1982 mengusulkan lima nama sebagai kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta kepada partai politik untuk Pilkada 2024.

Nama-nama nan diusulkan berasal dari konsolidasi dengan para sesepuh dan toko adat.

"Nama-nama nan diusulkan diantaranya Marullah Matali, Lutfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus dan Moh. Ihsan. Nama-nama tersebut bakal diusulkan kepada para ketua partai politik," kata Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin, di keterangannya, diberitakan Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut profil singkat lima nama nan diusulkan Bamus Suku Betawi 1982:

Marullah Matali

Marullah Matali sekarang menjabat sebagai Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata. Ia dilantik di kedudukan itu pada Desember 2022.

Sebelum menjadi Deputi, Marullah adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta sejak Januari 2021.

Dalam perjalanan kariernya, laki-laki kelahiran 27 November 1965 ini malang melintang di sejumlah jabatan. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan, Kepala Sekretariat Dinas Sosial, Kepala Biro Pendidikan dan Mental, Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata, hingga Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.

Lutfi Hakim

Lutfi adalah Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR). Ia menjabat sejak 2009 setelah pendahulunya, Ahmad Fadloli El-Munir meninggal dunia.

Sebelumnya, Lutfi adalah Sekretaris Jenderal di ormas tersebut. Lutfi sekarang juga merupakan Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta.

Sementara itu, Lutfi sebelumnya juga mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 ke DPW Partai Solidaritas Indonesia Jakarta.

Dailami Firdaus

Dailami adalah Anggota DPD RI dari Dapil Jakarta periode 2019-2024. Ia dilantik pada Desember 2021 menggantikan Sabam Sirait nan meninggal dunia.

Pria kelahiran 12 Desember 1964 ini pernah menjadi personil DPD RI periode 2014-2019 dan sempat menjadi Wakil Ketua BKSP DPD RI dan personil Komite II DPD RI.

Pada pemilihan personil DPD RI periode 2019-2024, Dailami Firdaus menduduki ranking kelima di bawah Sylviana Murni dengan perolehan 376.164 suara.

Mohammad Ihsan

Ihsan menjabat sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) sejak Mei 2021.

Saat ini, dia juga menjabat sebagai Sekjen Bamus Suku Betawi 1982.

Zainuddin

Zainuddin alias Haji Oding adalah Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982.

Ia pernah menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Golkar. Ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta

Zainuddin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional