Profile ACE Hardware yang Pergi setelah 29 Tahun di Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan jaringan ritel perkakas asal Amerika Serikat, ACE Hardware mengumumkan bakal pamit dari Indonesia per 31 Desember 2024. Penutupan itu dilakukan setelah pemegang lisensinya, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, tidak melanjutkan perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. nan bakal berhujung pada 31 Desember 2024, setelah menjalin kerja sama 29 tahun.

“Hal ini sejalan dengan konsentrasi dan rencana pengembangan upaya perusahaan di masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen nan terus berevolusi,” demikian siaran pers PT Aspirasi nan dikutip dari Informasi Keterbukaan Bursa Efek Indonesia, 3 September 2024.

Sementara itu, toko ritel jejak ACE Hardware bakal berganti nama. Kini, perusahaan pun tengah menyiapkan peluncuran identitas merek baru, nan dijadwalkan bakal diperkenalkan kepada seluruh pengguna pada awal tahun 2025.

“Kami sangat percaya bahwa persiapan matang nan sedang kami upayakan ini bisa mempertahankan posisi Perusahaan sebagai pemimpin pasar, mempertahankan daya saing nan kuat di industri ritel, semakin relevan dengan kebutuhan setiap pelanggan, serta memberikan akibat positif nan lebih besar terhadap seluruh pemangku kepentingan,” kata Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja.

Adapun ACE Hardware di Indonesia datang pertama kali pada 29 tahun lalu. Perusahaan itu pun sekarang mempunyai 241 jaringan toko nan tersebar di 73 kota di Indonesia, nan juga datang secara omni-channel melalui ruparupa.

Profil ACE Hardware

PT ACE Hardware Indonesia Tbk. didirikan pada 1995 dan bergerak di bagian upaya perlengkapan rumah tangga dan style hidup. Berdiri sebagai anak perusahaan PT Kawan Lama Sejahtera, ACE Hardware Indonesia ditunjuk langsung oleh ACE Hardware Corporation menjadi pemegang lisensi tunggal di Indonesia.

Melansir dari laman resmi perusahaan, gerai pertama ACE di Indonesia dibuka pada 1996 di Karawaci, Tangerang. Sejak saat itu, ACE Hardware Indonesia terus berkembang sebagai perusahaan ritel dan sekarang telah menjadi salah satu perusahaan ritel terkemuka nan menyediakan beragam perlengkapan rumah tangga dan style hidup di Indonesia. 

Dengan jaringan gerai modern nan dikelola secara profesional, ACE Hardware Indonesia semakin dikenal sebagai “The Helpful Place” untuk masyarakat nan mau menemukan produk-produk perlengkapan rumah tangga dan style hidup berkualitas. ACE Hardware Indonesia kemudian mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2007 silam.

Iklan

Pada tahun 2018, ACE membuka ACE Xpress nan berupa gerai dengan luas kurang dari 1.000 meter persegi. ACE Xpress menjadi tempat berbelanja nan memudahkan konsumen terutama di wilayah perumahan dengan menawarkan produk kebutuhan sehari-hari. 

Per 13 Agustus 2022, ACE mempunyai total 18 toko ACE Xpress nan tersebar di beragam wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Palembang. Kemudian pada 19 September 2022, ACE Hardware Indonesia tercatat telah mempunyai 228 gerai dengan total luas lebih dari 500.000 meter persegi nan tersebar di 52 kota se-Indonesia. ACE Living World Alam Sutera merupakan flagship store ACE Hardware Indonesia sekaligus menjadi nan terbesar di dunia.

Sebagai perusahaan ritel perkakas terkemuka di Indonesia, ACE Hardware telah sukses mendapatkan beragam penghargaan bergengsi. Di antaranya adalah WOW Brand 2022, Indonesia Digital Innovation Awards 2022, dan Service Quality Awards. Selain itu, ada juga penghargaan Indonesia's Best Managed Companies 2022, TrenAsia ESG Excellence 2022, dan Mata Lokal Award 2023.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa Ace Hardware menjadi salah satu parameter pertumbuhan ekonomi nasional. “Berapa jumlah Alfamart, Indomaret, Ace Hardware, itu menjadi parameter ekonomi nasional. Berapa outlet iBox, itu juga jadi parameter daya beli ritel kita,” ujar Airlangga dalam pembukaan Indonesia Retail Summit 2024 di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

Airlangga menyebut, berasas laporan World Bank pertumbuhan sektor konsumsi alias ritel di Indonesia terus tumbuh sejak 2022. Mall di Indonesia termasuk dalam jejeran pusat perbelanjaan nan terbaik dan modern khususnya di wilayah Jakarta.

YUDONO YANUAR, berkontribusi dalam tulisan ini.

Pilihan Editor: Pekerja CNN Indonesia Cerita Kena PHK Sepihak saat Serikat Dideklarasikan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis