Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Masuk APBN 2025, Sri Mulyani: Postur Tak Alami Banyak Deviasi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan masuknya sejumlah program inisiatif baru Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto ke dalam postur APBN 2025 tak mengubah banyak dari nan telah dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelumnya.

"Posturnya diperkirakan tidak bakal mengalami deviasi banyak dari nan sudah dibahas dengan DPR," kata Sri Mulyani, Senin, 5 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara. Pernyataan tersebut disampaikan Bendahara Negara tersebut usai rapat terbatas nan dipimpin Presiden Jokowi membahas rencana kerja Pemerintah, Nota Keuangan dan RAPBN Tahun 2025 di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta. 

Sri Mulyani menjelaskan dia telah melaporkan kepada Presiden Jokowi dan Presiden terpilih untuk postur APBN 2025 mengenai dengan pembahasan awal dari DPR RI. Dalam perihal ini, melalui Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM & PPKF).

Sesuai dengan arahan, Sri Mulyani mengatakan Presiden Jokowi mau agar postur APBN 2025 dapat menampung program-program prioritas dari Presiden terpilih. Salah satu program prioritas nan dimaksud adalah makan bergizi gratis.

"Jadi kami mulai menghitung untuk program-program nan sering disebut seperti makanan bergizi gratis. Kemudian juga beberapa program inisiatif baru nan sekarang ini sedang difinalkan dengan tim dari presiden terpilih. Ini sudah masuk di dalam postur APBN 2025," ucap Sri Mulyani.

Iklan

Lebih jauh, dia juga memastikan soal anggaran untuk makan bergizi cuma-cuma tetap tetap sebesar Rp 71 triliun. "Sampai saat ini nan kita sudah mendapatkan pengarahan dari Presiden saat ini dan Presiden terpilih adalah total anggarannya Rp 71 triliun. Mengenai detilnya kelak adalah Bapak Presiden terpilih terus melakukan persiapan dengan timnya untuk pelaksanaannya."

Adapun program makan bergizi cuma-cuma untuk anak-anak dicetuskan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Untuk menjalankan program itu, Pemerintahan Jokowi sudah menganggarkan Rp 71 triliun dalam RAPBN 2025. 

Anggaran untuk satu porsi makanan bergizi cuma-cuma tersebut diprediksi senilai Rp 15.000. Namun dalam perjalanannya sempat dikabarkan anggaran makan bergizi cuma-cuma dipangkas menjadi Rp 7.500. Isu itu kemudian dibantah langsung oleh Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka nan menegaskan anggaran satu porsi makanan bergizi cuma-cuma bakal tetap Rp 15.000.

Pilihan Editor: Sri Mulyani Belum Bisa Jawab soal Komitmen Prabowo untuk IKN di RAPBN 2025

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis