Projo Beri Alasan Dukung RK di Jakarta, Singgung Rekam Jejak Incumbent

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Relawan Pro Jokowi (Projo) mengaku semakin percaya bakal memberikan support untuk Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jakarta 2024. Bendahara Umum Projo Panel Barus menyatakan dua variabel mendasari kepercayaan Projo.

Pertama, berasas Pilkada sebelumnya, calon petahana (incumbent) selalu kalah. Kedua, calon nan unggul di survei juga seringkali justru kalah.

"Incumbent itu enggak pernah menang di Jakarta," kata Panel di instansi DPP Projo, Jakarta, Sabtu (3/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Variabel kedua, di Jakarta selalu nan diunggulkan di survei, dia enggak menang. Itu dua variabel penting," ungkapnya.

Dia menyebut Fauzi Bowo namalain Foke nan merupakan petahana pada Pilkada 2012 surveinya tinggi. Namun, hasil akhirnya Joko Widodo nan menang.

Lalu, pada 2017, survei menunjukan elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama nan tinggi. Namun, justru lawannya nan menang, ialah Anies Baswedan.

[Gambas:Video CNN]

"Nah berfaedah kan nan di survei nan tinggi malah enggak menang," ujarnya.

Lebih dari dua dasawarsa terakhir, sesungguhnya ada Sutiyoso nan merupakan petahana pada 1997-2002 dan kembali menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada 2002-2007.

Namun, dia nan kala itu berpasangan dengan Fauzi Bowo terpilih setelah mendapatkan lebih dari 50 persen bunyi personil majelis nan ikut dalam voting pemilihan Gubernur DKI di Gedung DPRD Jakarta Pusat.

Dalam pemilihan nan menggunakan sistem menulis nama calon itu, pasangan Sutiyoso-Fauzi Bowo menang absolut dengan perolehan 47 bunyi dari 84 personil Dewan nan datang kala itu.

Usulan wakil RK dari Projo

Terkait wakil RK, Projo menyerahkan sepenuhnya kepada para partai pengusung. Namun, dia memastikan Projo bakal siaga untuk mengerahkan dukungan.

"Masalah wakil, teman-teman partai nan mengurus itu. Kami tunggu, kami bakal dukung dan aktivitas mesin Projo di 267 kelurahan DKI dan 44 kecamatan, kami aktivitas untuk memenangkan RK," ucap dia.

Dia juga meyakini partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) kemungkinan besar mendukung RK di DKI. Hal itu dia ungkapkan menyusul sikap resmi Golkar nan baru-baru ini mendukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar.

"Posisi projo kemaren mendukung RK di Jakarta alias di Jabar. Nah temen temen KIM ini kan berkomunikasi terus. Kayaknya berasas pemberitaan semalam, kemarin, teman-teman Golkar di buletin kayaknya mengerucut," ucapnya.

(yla/chr)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional