Projo Ingin Jokowi Jadi Ketum Partai: Tak Mungkin PDIP atau PKS

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 31 Mei 2024 17:50 WIB

Bendum Projo Panel Barus menyebut posisi ketua umum juga memungkinkan Jokowi untuk bicara lebih banyak di panggung politik meski sudah tak menjadi presiden. Bendahara Umum Projo Panel Barus mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi ketua umum partai politik setelah beres menjadi presiden akhir tahun ini. (CNN Indonesia/Dhio Faiz Syarahil)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bendahara Umum Projo Panel Barus mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi ketua umum partai politik setelah beres menjadi presiden akhir tahun ini.

Panel berdasar kehadiran Jokowi di politik nasional tetap dibutuhkan. Selain itu, posisi ketua umum juga memungkinkan Jokowi untuk bicara lebih banyak di panggung politik meski sudah tak menjadi presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Imajinasi Projo adalah ke depan Pak Jokowi bisa pimpin partai politik. Itu khayalan Projo nan sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu," kata Panel saat ditemui di Kantor DPP Projo, Jakarta, Jumat (31/5).

Saat ditanya partai mana nan cocok menjadi perahu Jokowi, Panel tak memberi jawaban terang. Ia menolak menyebut satu pun nama partai.

Panel hanya memastikan Jokowi tak mungkin memimpin PDIP. Menurutnya, Jokowi lebih baik mencari partai lain.

"Pak Jokowi ke depan pimpin partai, tetapi realistisnya enggak mungkin PDI. Enggak mungkin PDI, enggak mungkin juga PKS," ujarnya.

Wartawan juga bertanya apa mungkin Projo berubah menjadi partai dan menjadi kapal baru Jokowi. Panel berbicara semua tergantung kongres Projo bulan Oktober mendatang.

"Bagaimana takdir sejarah Projo nanti? Akan bisa dilihat di Kongres sebelum Oktober ini," ucapnya.

Hubungan Jokowi dengan PDIP merenggang lantaran Pilpres 2024. Anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Padahal, Gibran saat itu tetap berstatus kader PDIP. Partai besutan Megawati Soekarnoputri pun sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk Pilpres 2024.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional