PSI Sindir Anies Jika Maju Pilgub DKI: Belum Ada Petahana Menang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 30 Mei 2024 10:12 WIB

Menurut Ketua Desk Pilkada PSI Jakarta, dalam sejarah pemilu di Jakarta belum pernah ada gubernur petahana nan menang Pilgub DKI untuk kedua kali. Eks Gubenur Jakarta Anies Baswedan saat mengikuti silaturahmi berbareng penduduk jaringan miskin kota beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Desk Pilkada PSI Jakarta, Justin Adrian menyindir Anies Baswedan jika kemudian betul-betul mengikuti Pilgub Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Menurut Justin, dalam sejarah pemilu di Jakarta, belum pernah ada gubernur petahana nan menang Pilgub DKI untuk kedua kali.

"Kalau dibilang [kandidat] potensial alias tidak, mungkin saya tidak berani menilai. Tapi, jika kita memandang dari perjalanan sejarah, sepertinya tidak ada gubernur nan terpilih dua kali dari pemilihan umum nan dipilih langsung oleh rakyat, sejauh ini. Di Jakarta belum pernah ada," kata Justin di Kantor DPW PSI Jakarta, Rabu (29/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu disampaikan Justin merespons nama Anies Baswedan nan mencuat dalam bursa gubernur. Anies adalah Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Tetap buka ruang Anies mendaftar untuk Pilgub Jakarta

Meskipun demikian, Justin mengaku pihaknya tetap membuka pintu jika Anies mau mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke PSI. Namun, dia menyebut keputusan tetap berada di DPP PSI.

"Tentunya semuanya kita membuka pintu, tapi jika untuk diputuskan bagaimananya kan itu perihal nan lain, tapi jika misalnya diterima alias tidak, ya kita terima, tapi belum tentu kita usung," ujarnya.

Sebelumnya DPW PKS Jakarta telah berencana mengusung Anies untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur alias Pilgub DKI Jakarta 2024.

Ketua DPW Partai PKS Jakarta Khoirudin mengatakan sejauh ini hanya nama Anies nan masuk dalam usulan resmi DPW PKS Jakarta untuk maju di Pilkada DKI 2024.

Di sisi lain, DPP PKS mengaku tetap mempertimbangkan usulan itu untuk mengusung Anies nan sebelumnya adalah Capres nomor urut 1 pada Pilpres 2024 lalu.

Anies telah memberi sinyal kembali maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Dia mengatakan sedang mempertimbangkan dengan serius kesempatan itu.

Anies sebelumnya telah maju Pilpres 2024 berbareng Muhaimin Iskandar nan diusung oleh PKB, NasDem dan PKS. Meski begitu, pasangan ini mengalami kekalahan dari pasangan Prabowo-Gibran.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional