Puan Singgung Pemilu Berkualitas: Apa Rakyat Memilih Tanpa Rasa Takut?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 10:18 WIB

Ketua DPR Puan Maharani menilai bahwa pemilu berbobot juga kudu dilihat dari kebenaran rakyat dalam memilih. Ketua DPR Puan Maharani menilai bahwa pemilu berbobot juga kudu dilihat dari kebenaran rakyat dalam memilih. (Arsip PDIP)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR Puan Maharani menilai bahwa pemilu berbobot tidak hanya dilihat dari partisipasi masyarakat dalam memilih. Menurut Puan, kualitas pemilu juga kudu dilihat dari kebenaran rakyat dalam memilih.

Pernyataan itu disampaikan Puan dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2024, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

"Pemilu nan berbobot tidak dapat hanya dilihat dari partisipasi rakyat dalam memilih. Akan tetapi kudu dilihat dan dinilai juga dari Kebebasan rakyat untuk memilih, ialah apakah rakyat dapat memilih dengan bebas, jujur, adil, tanpa paksaan, tanpa dikendalikan, dan tanpa rasa takut," kata Puan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Politikus PDIP itu mengatakan bahwa Indonesia telah mempunyai pengalaman kerakyatan nan panjang. Indonesia menurutnya telah acapkali melaksanakan pemilu.

Dia pun melontarkan pertanyaan kepada para peserta sidang, apakah pemilu tahun ini telah memenuhi syarat-syarat jujur, bebas, dan adil. Puan berbicara bahwa semua masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan kerakyatan nan berkualitas.

"Menang kalah selalu ada dalam pemilu; Kita dituntut untuk mempunyai etika politik siap kalah dan siap menang. Siap bertanding, siap juga untuk bersanding. Etika politik nan sama juga menuntut pemilu dilaksanakan dengan memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menjalankan kedaulatannya," katanya.

"Dalam Pemilu, semestinya rakyatlah nan jadi pemenang. Sehingga bertindak adagium, bunyi rakyat adalah bunyi Tuhan (Vox Populi, Vox Dei)," imbuh Puan.

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional