PUPR: Cita-cita Jokowi Sediakan Air Layak Minum di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja, mengatakan penyediaan air minum di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara melangkah bagus.

"Di IKN sudah melangkah bagus. Saya kira dari sisi fisik, dari sisi kimia, dari sisi bakteriologi, artinya dari Escherichia coli-nya sudah enggak ada. Sudah kondusif semua," kata Endra setelah mengikuti aktivitas Indonesia Water Forum 2024 di Jiexpo Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2024.

Menurut dia, penyediaan air minum di IKN Nusantara itu dibantu oleh PT Superintending Company of Indonesia alias Sucofindo—surveyor Independen. "Di PUPR juga ada, tapi jika Sucofindo kan sudah menggunakan standar internasional," ujarnya.

Dia mengatakan, dari segi kesehatan, air minum nan disediakan di IKN bisa langsung diminum. Penyediaan sumber air minum nan bersih dan dapat langsung diminum menjadi rencana Presiden Joko Widodo alias Jokowi. "Cita-citanya Pak Presiden seperti itu," tutur dia.

Iklan

Menurut dia, jaringan saluran air di IKN Nusantara sudah dikerjakan dan merambah masuk hingga ke area pembangunan alias persil. Seperti Kantor Kesekretariatan Negara hingga rumah susun aparatur sipil negara (ASN), ke Rusun ASN. "Kemarin waktu kami 17-an (upacara Hari Kemerdekaan) kan air rusunnya dari itu, IPA Sepaku," ucap dia.

Selain itu, dia menjelaskan saat penyediaan air minum layak di Indonesia baru mencapai 91 persen. Pemerintah menargetkan penyediaan air minum layak 100 persen pada 2030. "Akses air minum layak, artinya masyarakat enggak cari sendiri. "Kalau 91 persen tetap mengambil dari sumur, gunung-gunung," ucap Endra.

Pilihan Editor: Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis