PUPR Sebut Proyek Warisan Jokowi untuk Prabowo: 50 Bendungan dan 2.300 Km Jalan Tol

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi menitipkan sejumlah rencana pembangunan prasarana kepada pemerintahan Prabowo Subianto, presiden terpilih. Proyek nan diusulkan untuk dilanjutkan berupa 50 waduk dan 2.300 kilometer jalan tol baru.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja, mengatakan Kementerian PUPR sudah melakukan pemetaan potensi pembangunan waduk dan jalan tol untuk dilanjutkan Prabowo.

"Itu ada di dalam masterplan-nya PUPR. Sama dengan jalan tol, kami punya list ada 2.300 kilometer jalan tol baru nan bisa dibangun," kata Endra seusai menghadiri Indonesia Water Forum 2024 di Jiexpo Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2024.

Menurut Endra, 50 waduk nan bakal dibangun Menteri Pertahanan itu tersebar di seluruh Indonesia. Proyek waduk ini bakal dikerjakan dalam jangka waktu lima tahun di masa pemerintahan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Ketahanan pangan itu di antaranya proyek food estate. "Iya, artinya kan food estate kan lokasinya, tapi jika bendungannya di hulu," kata dia. Dua menambahkan 50 waduk itu dibangun dalam jangka lima tahun. Lima tahun itu, kata dia, pasti ada nan selesai dan kemungkinan nan lain tidak.

Iklan

"Sama dengan era Pak Jokowi begitu, ada 61 bendungan, kan. Ada sebagian nan sudah dibangun sebelumnya," kata dia.

Saat ini terdapat 17 proyek waduk nan telah dikerjakan Presiden Jokowi. Menurut Endra, proyek itu bakal dilanjutkan pada 2025 alias di masa Prabowo menjalankan pemerintahan. "17 waduk sudah berjalan. Nanti bakal dilanjutkan di 2025," ucap dia.

Sementara 2.300 kilometer rencana pembangunan jalan tol baru untuk dikerjakan pemerintahan Prabowo. Jumlah itu berasal dari masterplan nan telah disusun Kementerian PUPR. Ruas tol itu merupakan kelanjutan tiga jalan tol prioritas, seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Trans Jawa, dan proyek Jalan Tol IKN. "Termasuk sirip-siripnya di Sumatera sama IKN," kata dia.

Pilihan Editor: Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis