Ragam Persiapan Sidang Kabinet hingga Upacara HUT RI di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 08:47 WIB

Pemerintah bakal menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 secara hybrid, ialah di Istana Negara IKN Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta pada Sabtu (17/8) . Pemerintah bakal menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 secara hybrid, ialah di Istana Negara IKN Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta pada Sabtu (17/8) . ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bakal menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 secara hybrid, ialah di Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta pada Sabtu (17/8) mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjadi pengawas upacara di IKN, Presiden Terpilih Prabowo Subianto pun bakal datang di IKN. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka bakal melangsungkan seremoni HUT RI di Jakarta.

Sebelum melangsungkan peringatan upacara, Presiden pun bakal melakukan serangkaian aktivitas mulai dari Sidang Kabinet pada Senin (12/8) hingga pertemuan dengan sejumlah kepala wilayah se-Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemerintah pun telah mempersiapkan beberapa hal, mulai dari transportasi hingga akomodasi.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) misalnya nan sudah menyewa 200 unit bus. Kendaraan itu sudah meliputi transportasi bagi seluruh undangan dan pasukan upacara.

Selain bus, memang tetap ada mobil nan bakal masuk ke sekitar letak upacara. Namun, jumlahnya terbatas. Belakangan, mereka menyebut ada sekitar 100 unit.

Kemudian untuk akses perjalanan, terdapat dua jalur darat menuju IKN nan disiapkan pemerintah bagi undangan upacara peringatan HUT di IKN.

Pertama, melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) exit KM 11, dilanjutkan ke Jembatan Pulau Balang-Simpang Riko sepanjang 88 km dengan perkiraan waktu tempuh 90 menit.

Kedua, tamu undangan bisa melalui Tol Balsam exit KM 38, kemudian melalui Jalan Nasional Samboja dengan waktu tempuh 150 menit alias nyaris 2 jam.

Sedangkan untuk persiapan Sidang Kabinet, pemerintah telah menyediakan Hotel Nusantara sebagai tempat menginap seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju nan bakal hadir.

(khr/agt)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional