Raja Juli Ikut Dampingi Kaesang Saat Klarifikasi Jet Pribadi di KPK

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 12:59 WIB

Raja Juli mendampingi Kaesang dari mulai datang, masuk ke gedung lama KPK, hingga kepulangan dari sana. Anak bungsu Jokowi nan juga Ketum PSI Kaesang Pangarep terlihat didampingi dua kuasa norma dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni. (Dok. PSI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni terpantau ikut mendampingi anak bungsu Presiden Jokowi yang juga Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, saat memberikan penjelasan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) alias Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan (17/9).

Dalam foto nan diterima CNNIndonesia.com dari Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, terlihat Raja Juli duduk berbareng putra bungsu Jokowi dan dua kuasa norma Kaesang, ialah Nasrullah dan Francine Widjojo.

Mereka juga mendampingi Kaesang saat keluar dari Gedung ACLC KPK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Raja Juli adalah WamenATR/BPN dan juga Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

Adapun Kaesang menyebut dia datang untuk menjelaskan perihal dugaan gratifikasi pesawat jet nan dituduhkan kepadanya. Ia menyatakan pesawat nan dia tumpangi berbareng Istrinya, Erina Gudono itu milik temannya.

"Tadi saya juga di dalam menjelaskan mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, nan numpang alias bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya kawan saya," kata Kaesang.

Kaesang menyebut klarifikasinya hanya seputar itu dan tidak ada perihal lain. Namun untuk lebih jelasnya, dia meminta agar awak media langsung menanyakan kepada KPK.

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga menegaskan kedatangannya itu sebagai penduduk negara nan baik. Sebab dirinya bukan penyelenggara negara alias pejabat.

"Saya datang ke sini bukan lantaran undangan, bukan lantaran panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," ujarnya.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi.

Kehebohan bermulai saat Istrinya, Erina Gudono mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagramnya @erinagudono. Warganet menduga gambar itu adalah jendela private jet nan berbeda dengan pesawat komersial.

Isu itu kemudian berkembang hingga ke dugaan gratifikasi. Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK pun sebelumnya berencana meminta penjelasan kepada Kaesang mengenai perihal itu.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional