Ramai Anggota DPRD Pasuruan Gadaikan SK untuk Utang ke Bank

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Sejumlah personil DPRD Kabupaten Pasuruan yang baru saja dilantik dikabarkan beramai-ramai mengusulkan pinjaman utang ke bank dengan menggadaikan surat keputusan (SK) pengangkatan personil dewan.

Hal itu diungkap Plt Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Abdul Karim. Ia membenarkan ada sejumlah pegawai bank mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan beberapa hari belakangan.

Para pegawai bank wilayah itu datang untuk mengurus perjanjian utang nan diajukan para personil dewan. Karim mengatakan saat ini ada sekitar empat personil DPRD nan mengusulkan diri untuk meminjam uang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Benar ada sekitar empat personil nan mengusulkan diri untuk meminjam sejumlah uang. Karena saat melakukan peminjaman, kudu ada persetujuan dan tandatangan ketua DPRD," kata Karim, Kamis (5/9).

Karim memprediksi jumlah personil majelis nan mengusulkan pinjaman terus bertambah. Menurutnya, ada sejumlah personil majelis nan tetap menunggu berapa besaran penghasilan DPRD nan diterima.

Sementara pinjaman duit nan diajukan mereka berkisar antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar. Sementara untuk penghasilan pokok personil majelis tersebut ialah sekitar Rp4,3 juta per bulan.

"Untuk penghasilan pokoknya sekitar Rp4,3 juta sebulan, itu tetap belum termasuk tunjangannya. Kalau nan minjam duit itu berkisar Rp500 juta sampai Rp 1 miliar. Tapi saya sendiri enggak tahu pinjamnya untuk apa, itu urusan masing-masing anggota," tambahnya.

Sebanyak 50 personil DPRD Kabupaten Pasuruan terpilih Periode 2024-2029, resmi dilantik di Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu (21/8) lalu. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bangil, Enan Sugiarto.

Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan terpilih terdiri dari 9 personil dari Dapil 1 (Bangil, Beji, Gempol) di antaranya Samsul Hidaya, Helmi Sudiono Fauzan, Sa'ad Muafi, Rusdi Sutedjo, Adinda Denisa, Elyas, H.Arifin, Nik Sugiharti dan Najib.

Selanjutnya 8 personil DPRD terpilih dari Dapil 2 (Wonorejo, Rembang, Kraton dan Pohjentrek) ialah M.Shobih Asrori, Mashuda Hidayatulloh, H.M Sudiono Fauzan; Zakaria, Nurul Muhammad Zaini, Mahdi Haris, dan Fatiyyah Az Zahro.

Dari Dapil 3 nan meliputi Grati, Nguling, Rejoso dan Lekok, para legislator nan terpilih diantaranya Hasan Bisri, Laily Qomariah, Akhmad Soleh, Muawir Abdul Salam, Gaung Andaka Ranggi, Eko Suryono, Misto Leo Faisal dan M.Atho'illah Mawardi.

Sedangkan para wakil rakyat terpilih dari Dapil 4 (Lumbang, Pasrepan, Kejayan, Gondangwetan dan Winongan) terdiri dari M.Yusuf Daniyal, Shonhaji Abd Wahid, M. Khoirul Anam, Eko Suyono, Rias Judikari Drastika, Hj Nikmah Jamilah, M.Ghozali, dan Bambang Yuliantoro Putro.

Berikutnya dari Dapil 5 (Purwodadi, Tutur, Puspo, Purwosari dan Tosari), mereka-mereka nan dilantik diantaranya Abd. Karim, Rudi Hartono, Jumain, M. Aminuddin, Agus Setiya Wardana, Akhmad Mujangki, Sugiarto, dan Achmad Aidzin Utama.

Terakhir adalah dari Dapil 6 (Sukorejo, Prigen dan Pandaan), 9 personil DPRD terpilih seperti A Wasik Rahman Hamzah, Agus Suyanto, Kasiman, Faizaturrohman, Andri Wahyudi, Sugiyanto, Heru Veri Nur Cahya, Tri Laksono Adi Priyanto, Adib Ghoni Atqon.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional