Ramai Data Dijual ke Dark Web, KAI Commuter Pastikan Informasi Pelanggan Aman

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) alias KAI Commuter memastikan keamanan database pengguna commuter line setelah diduga sempat terjadi kejadian peretasan nan menakut-nakuti keamanan info pribadi pengguna.

"KAI Commuter memastikan keamanan database pengguna commuter line nan sempat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab," kata Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba melalui telepon di Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.

Anne menyampaikan bahwa hingga saat ini KAI Commuter berbareng pihak-pihak mengenai terus berkoordinasi dan melakukan investigasi mendalam untuk menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut.

Dia menuturkan atas kejadian tersebut KAI Commuter sudah mengambil langkah-langkah penanganan seperti pembatasan akses melalui jaringan Intranet. "Saat ini seluruh sistem operasional IT nan ada di lingkungan KAI Commuter juga tetap melangkah dengan baik dan seluruh database pengguna aman," ujar Anne.

Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dalam menggunakan seluruh aplikasi jasa nan dihadirkan oleh KAI Commuter, lantaran KAI Commuter mempunyai manajemen keamanan info nan baik.

Lebih lanjut, Anne mengatakan bahwa saat ini KAI Commuter juga telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standardisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di KAI Commuter. "Standardisasi keamanan ini juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya," tuturnya.

KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber dalam penerapan teknologi info nan memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan bakal mengusut tuntas atas kejahatan ini.

"Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter bakal bekerja sama dengan pihak berkuasa mengusut kasus tersebut," kata Anne.

Iklan

Sebelumnya, lini masa media sosial ramai memperbincangkan info Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter nan diduga bocor dan dijual ke dark web.

Kabar kebocoran info tersebut salah satunya diungkap oleh akun media sosial X @txttransportasi, Selasa (2/7) sore

"Loh loh... database KAI?" tulis pengunggah.

Tampak dalam tangkapan layar nan diunggah, info nan diduga milik KAI Commuter itu diiklankan di forum peretasan BreachForums pada 30 Juni 2024 oleh pengguna dengan nama Fox47.

Dia mengklaim, info nan terdiri dari dua juta baris mencakup beragam info pribadi pengguna KAI Commuter, seperti nama, kode tiket, metode pembayaran, dan waktu transaksi.

Unggahan pada forum peretasan tersebut juga dilengkapi dengan sampel info pengguna nan diduga bocor.

Pilihan Editor: KAI Commuter Akan Impor 8 Trainset dari China, Tiba di RI Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis