Ramai Para Debutan di Bursa Pilgub Jawa Tengah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah nama nan bakal bersaing menjadi calon gubernur (cagub) alias calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 mulai bermunculan.

Mayoritas adalah nama-nama terkenal yang belum pernah berkontestasi di Pilgub Jawa Tengah.

Hasil Survei Lembaga ARCHI Research and Strategy Maret 2024 lampau menyatakan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi mempunyai elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jateng sebesar 23,21 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menyusul di bawah Hendrar Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf (16,07 persen), mantan Bupati Kendal Dico Ganinduto (13,39 persen), dan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah nan juga mantan asisten pribadi Prabowo Subianto, Sudaryono (10,71 persen).

Di bawah Sudaryono, ada nama mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (7,14 persen), Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (6,25 persen), dan eks Menteri ESDM Sudirman Said (5,36 persen).

PDIP belum memberikan keterangan resmi soal sosok nan bakal dimajukan dalam Pilgub Jateng. Tetapi nama Hendi, sapaan berkawan Hendrar, telah sering dikaitkan masuk bursa bakal cagub Jateng,

Hendi saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sebelumnya, dia adalah Wali Kota Semarang dua periode.

Namun dalam beberapa kesempatan, Hendi enggan berkomentar dan malah menampik bakal maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

"Enggak lah, enggak ada, enggak ada," jawab Hendi singkat beberapa waktu lalu.

Kemudian ada sosok Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mewakili PKB. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid sudah membenarkan kemungkinan partai memajukan Gus Yusuf.

Ia menyebut sekarang mereka tengah melengkapi persyaratan mulai dari mencari cawagub hingga partai koalisi.

"Iya, Gus Yusuf Chudlori kita sorong untuk maju menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah, tinggal cari siapa wakilnya, partai koalisinya, langkah memenangkannya, tetap banyak tahapannya," kata Jazilul di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (2/5).

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto telah menyebut nama Dico Ganinduto menjadi salah satu nama nan dipertimbangkan untuk diusung di Pilkada Jateng diantara nama lain nan tetap digodok.

"Salah satunya (Dico). Salah duanya kelak kita lihat," kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (15/4).

Dico juga disebut-sebut bakal berpasangan dengan Raffi Ahmad untuk Pilgub Jawa Tengah 2024. Dico tak membantah berita itu setelah viral.

"Mohon doanya aja ya," ujar Dico melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/5).

Di tengah ramai spekulasi pencalonannya, Hendi bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi tampak berkawan pada Selasa (21/5) kemarin saat mengikuti aktivitas Apel Komandan Satuan Kodam IV/Diponegoro nan digelar di Markas Rindam IV Diponegoro, Magelang, Jawa Tengah.

Kebersamaan Hendi dan Luthfi jadi sorotan lantaran keduanya juga masuk bursa Pilgub Jateng. Namun, pada kesempatan itu Hendi kembali menegaskan soal pencalonan sepenuhnya jadi urusan partai.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut semua kader nan berprestasi banyak nan diusulkan oleh PDIP, termasuk nama Bambang Pacul alias Hendrar.

"Baik prestasi nan baik itu banyak nan diusulkan. Nanti ada daerah-daerah nan merupakan pedoman PDIP itu merupakan figur nan muncul dari proses penggemblengan kader," ujar Hasto, Senin (13/5).

Namun pada Maret lalu, Bambang Pacul telah menanggapi namanya nan masuk bursa calon Gubernur Jawa Tengah. Ia mengaku tak mau maju di posisi Jateng 1, namun tak menutup kesempatan andaikan ada petunjuk alias perintah dari ketua umum partainya.

"Belum ada (instruksi). Kalau kau tanya Pak Bambang Pacul, misal ku jawab nih, 'Pak Pacul punya minat ke Jateng 1?', jawaban saya secara pribadi, ndak. Subjektif ya, ndak," kata Pacul.

Gerindra menghadirkan Ketua DPD Jawa Tengah Sudaryono. Balihonya sudah terpasang di sejumlah titik strategis di Jawa Tengah.

Sudaryono bahkan mengaku telah mendapat mandat langsung dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya maju lantaran diperintah oleh Pak Prabowo untuk maju sebagai calon gubernur dan saya ikhtiari," kata dia.

Ahmad Luthfi hingga Panggah dan Wihaji

Di luar nama-nama nan sudah beredar di survei, Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono juga mengatakan pihaknya juga melirik Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

"Beliau juga sudah mau pensiun, menguasai teritorial Jateng. Kalau memang surveinya bagus dan berkesempatan menang, enggak menutup kemungkinan kita mengusung beliau," kata Juliyatmono saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (8/5).

Namun, Luthfi sendiri mengaku belum mau memikirkan untuk mencalonkan diri dalam Pilada 2024, lantaran tetap berdinas di Polri.

"Ya itu dari masyarakat ya, selama saya tetap berdinas, ya enggak. Kalau partai, itu kan urusan partai, saya tetap dinas," katanya.

Selain Luthfi, Golkar juga menyiapkan kader-kader sendiri, seperti Ketua DPD Golkar nan juga personil DPR Panggah Susantodan mantan Bupati Batang nan sekarang menjabat Ketua Harian DPD Golkar Jateng Wihaji.

Juliyatmono mengatakan empat kader tersebut kudu berkompetisi dengan meningkatkan elektabilitas masing-masing untuk memenangkan tiket Pilgub dari Golkar.

(rts/DAL/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional