Ramai-ramai Lirik Anies Baswedan di Pilgub DKI

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Anies Baswedan diusulkan oleh beberapa partai politik untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

Namun, nama Anies tetap dipertimbangkan oleh masing-masing pengurus pusat partai.

Anies nan bukan kader partai politik manapun tetap terbuka untuk mengikuti Pilkada DKI Jakarta dengan diusung partai. Hal itu pernah dilakoninya ketika mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu, tak ada satu pun partai politik nan bisa mendaftarkan calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024 ke KPU. Partai politik tetap kudu berkoalisi agar memenuhi syarat kepemilikan bangku DPRD.

Berikut daftar partai dan elite dukung Anies Baswedan di Pilgub DKI:

PKS

DPW PKS Jakarta menjadi partai politik pertama nan mengusung Anies untuk maju dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2024.

Ketua DPW Partai PKS Jakarta Khoirudin mengaku sejauh ini hanya nama Anies nan masuk dalam usulan resmi DPW PKS Jakarta untuk maju di Pilkada DKI 2024.

"Ya betul (resmi mengusulkan Anies). Tapi belum final, lantaran baru usulan DPW PKS DKI ke DPP, ketua bakal memutuskan diterima alias ditolak," kata Khoirudin kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/5).

Sementara DPP PKS mengaku tetap mempertimbangkan usulan itu untuk mengusung Anies. Sebagai pemenang pileg di Jakarta, PKS tetap memprioritaskan kader internal.

PKB

Kemudian, PKB DKI Jakarta mendeklarasikan support kepada Anies untuk berkompetisi memperebutkan bangku nomor satu Jakarta pada Rabu (12/6).

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada DKI Jakarta," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas di kantornya.

Hasbiallah mengatakan support kepada Anies sudah diputuskan pada rapat kerja Pilkada DKI Jakarta nan digelar di Puncak Bogor, Jawa Barat pada 8-9 Juni 2024.

Bahkan, dia tidak menutup opsi memasangkan Anies dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta di Pilkada mendatang.

Kendati demikian, Hasbiallah mengatakan keputusan mengenai duet Anies dan putra presiden Joko Widodo itu berada di tangan DPP PKB.

PDIP

DPD PDIP DKI Jakarta mengaku telah mengirimkan surat rekomendasi ke DPP mengenai pencalonan Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Surat rekomendasi pencalonan Anies di Pilkada Jakarta mendatang merupakan tahapan awal. Nantinya, DPP PDIP nan bakal memutuskan perihal tersebut.

"Sudah disampaikan semua nama-nama nan terjaring, termasuk Anies," kata Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Selain Anies, PDIP juga menerima usulan nama-nama lain dari kader sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Antara lain, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, mantan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi hingga personil DPRD Rasyidi.

NasDem

Partai nan menjadi salah satu kendaraan politik Anies di Pilpres 2024 ini turut mempertimbangkan Anies untuk diusung di Pilkada DKI.

Nama Anies bersaing dengan Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni dan Ketua DPD NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino.

"[Anies] Mungkin saja, ini kan sangat dinamis. Pak Anies, mungkin Pak Roni [Sahroni], mungkin Wibi sepupu saya, Wibi Andrino," ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem Prananda Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (28/5).

Namun, dia membuka kesempatan NasDem bakal mengutamakan kadernya untuk kelak diusung ke Pilkada DKI.

Kaesang Pangarep

Putra bungsu Presiden Jokowi nan masuk bursa Pilkada DKI pascaputusan MA, Kaesang Pangarep, juga blak-blakan buka minat jika menjadi cawagub pendamping Anies di Pilkada Jakarta 2024.

Bahkan, dia memuji Anies mempunyai elektabilitas tinggi dalam hasil survei calon gubernur Jakarta belakangan ini.

"Ya, tak masalah. Itu saya kira itu juga baik, saya kira Pak Anies juga sekarang surveinya juga nan paling tinggi, jadi saya enggak masalah juga jika kelak pun bakal dipasangkan dengan Pak Anies," ujar Kaesang di instansi DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6)

Puan Maharani

Sejumlah elit PDIP sebelumnya telah menyatakan ketertarikannya kepada Anies, termasuk putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani.

Puan menilai sosok Anies patut dipertimbangkan untuk diusung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan usai memimpin Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Selasa (4/6).

Puan mengatakan PDIP realistis soal kesempatan mengusung kadernya pada Pilkada DKI Jakarta. Menurutnya, setiap wilayah mempunyai dinamika politik nan berbeda.

Utut Adianto

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto juga sempat memberikan sanjungan kepada Anies. Ia menilai Anies tak punya pertentangan ideologi dengan partainya.

"Kalau menurut saya beliau pernah jadi gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau punya, jika bahasanya Pak Luhut paten, jika bahasa saya beliau orang nan sangat sudahlah merah putihnya enggak diragukan," kata dia di Kompleks Parlemen, Rabu (12/6).

Ketua Fraksi PDIP di DPR itu mengaku mau partainya menang pada pilkada mendatang. Pihaknya tetap mempertimbangkan nama Anies, terutama mengenai elektabilitas, popularitas, dan ideologis.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional