Remaja Masjid Temui Jokowi, Beri Sinyal Mau Ikut Kelola Tambang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 31 Jul 2024 13:30 WIB

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) bicara soal pengelolaan tambang setelah menemui Presiden Jokowi. Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) bicara soal pengelolaan tambang setelah menemui Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) bicara soal pengelolaan tambang oleh ormas Islam setelah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Pusat BKPRMI Said Aldi Al Idrus mengatakan agenda utama pertemuan itu adalah mengundang Jokowi untuk datang pada musyawarah nasional mereka di Medan, 7-10 Agustus. Namun, mereka juga mengapresiasi kebijakan baru Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pada silaturahim tersebut kami juga memberikan apresiasi pada Presiden nan baru-baru ini telah mengamanahkan kepada ormas-ormas untuk mengelola tambang. Kami selaku ormas Islam sangat apresiasi," kata Said di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (31/7).

Dia berbicara kebijakan ini bagus lantaran memberi kesempatan kepada ormas Islam untuk berkontribusi lebih untuk negara. Selain itu, pemberian izin tambang bakal menjadikan ormas Islam lebih mandiri.

Said mengaku tak ada pembicaraan izin tambang untuk BKPRMI saat berjumpa Jokowi. Menurutnya, organisasi itu tetap mengkaji beragam izin sebelum mengusulkan pengelolaan tambang.

Dia berbicara beberapa personil BKPRMI memang pengusaha tambang. Dengan demikian, mereka punya skill jika diberi kepercayaan oleh pemerintah.

"Ya kami memberikan dulu pada abang tertua NU dan Muhammadiyah. Kami adik-adik ini memandang dulu peralatan itu. Kalau paten peralatan itu baru kelak kami ikut," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menerbitkan dua patokan nan membuka kesempatan bagi ormas Islam mengelola tambang. Tiga ormas Islam, ialah PBNU, PP Muhammadiyah, dan Persis sudah menerima tawaran tersebut.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional