Rencana Jokowi Pindah ke IKN Menunggu Landasan Pesawat dan Perkantoran Kemenko Rampung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi berkantor di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara dimulai awal September 2024. Menyusul perampungan landasan pacu pesawat di Bandara IKN nan ditargetkan selesai 3-4 September.

"Awal September mudah-mudahan sudah rampung. Jadi sudah bisa didarati pesawat kepresidenan. Beliau ngantor di situ, jika beliau di situ, mau ke luar kota kelak dari situ," kata Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2024.

Fasilitas pendukung lain nan memungkinkan Presiden Jokowi berkantor di IKN adalah penyelesaian gedung perkantoran, Gedung Kemenko I, Kemenko II, Kemenko III, dan Kemenko IV. "Kantor kan tetap kita kejar," kata Endra setelah menghadiri pembukaan Indonesia Water Forum 2024 di Jakarta Jiexpo Convention Center, itu.

Menurut Endra, perkantoran sudah bisa dipakai jika dari empat Gedung Kemenko itu, setiap gedung sudah bisa difungsikan satu sampai dua lantai. "Misalnya instansi Menko, itu kan masing-masing ada empat tower. Dari 1-2 tower itu bisa selesai 1-2 lantai, itu bisa kita pakai dulu. Jadi enggak langsung sekaligus selesai," ujarnya.

Dia memastikan bahwa Gedung Kemenko baru bisa selesai secara utuh pada Desember 2024. "Nah, jika Kantor Kemenko kan baru selesai utuh semua Desember, ada nan November ada nan Desember," ujar dia.

Gedung Kemenko 4 ini bakal dibangun di atas lahan seluas 36.400 meter persegi. Di area ini tersedia empat tower. Setiap tower terdiri dari 6 lantai. Di sana juga ada semi basement serta terdapat satu lantai gedung multifungsi.

Iklan

Persentase progres pembangunan Gedung Kemenko per 22 Agustus 2024, tercatat Kemenko I, 87,1 persen; Kemenko II, 52,2 persen; Kemenko III, 89,2 persen; dan Kemenko IV 93,5 persen.

Adapun landasan pacu pesawat nan sudah rampung sepanjang 1.100 meter per tiga hari lalu. Sementara untuk melayani pesawat kepresidenan alias Boeing Business Jet (BBJ) panjang landasan kudu 2.200 meter.

Landasan pesawat ini ditargetkan rampung pada awal September. Hal ini sejalan dengan penyampaian Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono, bahwa sasaran penuntasan pembangunan Bandara IKN 3-4 September 2024, sepanjang 3.300 meter.

Pilihan Editor: Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis