Reshuffle Kabinet: Jokowi Lantik Bahlil, Rosan, Supratman, dan Angga Raka

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi melantik 3 menteri dan seorang wakil menteri dalam  reshuffle kabinet di Istana Negara, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024. Mereka adalah Bahlil Lahadalia sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),  Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), serta Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Bahlil Lahadalia, nan sejak 2019 menjadi Menteri Investasi, memiliki latar belakang sebagai kader Partai Golkar dan pengusaha tambang.

Rosan Roeslani, mantan Dubes di AS, adalah pengusaha nan menjadi tim sukses Prabowo Subianto - Gibran dalam Pilpres.

Supratman Andi Agtas sebelum dipilih sebagai Menteri Hukum dan HAM menggantikan politisi PDIP Yasonna Laoly adalah personil DPR dari Partai Gerindra.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut resuffle kabinet kali ini untuk mendukung transisi dari pemerintahan Jokowi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengharapkan pengangkatan Angga tersebut dapat membantu tugas-tugas Kemenkominfo nan saat ini sangat berat sehingga dapat dituntaskan dengan cepat.

Sejumlah perihal nan kudu dituntaskan dalam waktu singkat, kata dia, ialah patokan turunan dan kelembagaan untuk penyelenggaraan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi, percepatan pemberantasan gambling online (daring), perbaikan arsitektur dan tata kelola info nasional, serta pemanfaatan kepintaran buatan (AI) untuk pelayanan publik.

Sebelumnya, Budi Arie sudah didampingi Nezar Patria sebagai wakil menteri.

Iklan

Rosan sebelumnya juga pernah menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Rosan menggantikan posisi Bahlil Lahadalia nan dilantik sebagai Menteri ESDM.

Kabar Jokowi bakal merombak kabinet sudah muncul sejak pekan lalu. Koran Tempo edisi 13 Agustus 2024 melaporkan reshuffle kemungkinan bakal dilakukan Jokowi pada 15 Agustus dengan menyebut Yasonna dan Arifin Tasrik diganti.

Namun sampai 17 Agustus tidak ada penggantian. Minggu malam, 18 Agustus 2024, sumber Tempo mengatakan pelantikan bakal dilakukan pada Senin, 19 Agustus 2024, dan Yasonna ketika dikonfirmasi membenarkannya.

Yasonna Laoly menjadi pengawas upacara dalam peringatan Hari Pengayoman ke-79 pagi ini Senin 19 Agustus 2024. Kehadiran Yasonna itu menjadi aktivitas terakhirnya sebagai menteri sebelum dicopot pagi ini. 

"Ini hari terakhir saya sebagai pengawas upacara," kata Yasonna saat memberikan pidato dalam upacara di instansi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Senin, 19 Agustus 2024.

Pilihan Editor  Pendafaran CPNS Mulai Besok dengan 250 Ribu Formasi, Menteri PANRB: Jangan Percaya Calo

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis