Respons KPK soal Laporan Kubu Hasto ke Dewas dan Komnas HAM

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons laporan nan dilayangkan Kusnadi, staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke Dewan Pengawas, Komnas HAM, hingga Bareskrim Polri.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyampaikan pihaknya menyambut baik pelaporan nan dilakukan oleh kubu Hasto.

Asep menilai pelaporan tersebut bagian dari kontrol bagi interogator KPK. Menurut Asep, pekerjaan interogator nan dilaporkan ke Dewas itu nantinya bakal diuji di Dewas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pekerjaan-pekerjaan kami ketika dilaporkan ke Dewas itu bakal diuji di Dewas. Dipanggil ke dewas kelak diuji apakah proses penyidikannya dalam perihal ini upaya paksanya proses penyitaan, misalkan kan disita hp nya lain-lain. Prosesnya apakah betul alias tidak, itu bakal kelak diuji," ujar Asep dalam konvensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (13/6).

Asep menilai upaya pelaporan itu merupakan kesempatan untuk menguji proses investigasi nan dilakukan.

"Jadi dengan adanya misalnya pelaporan ke Dewas, ke Bareskrim, kemudian juga ke Komnas HAM, bagi kami itu adalah sebuah kesempatan bagi kami untuk menyampaikan, baik kepada Dewas maupun kelak ke Komnas HAM maupun kepada pihak lainnya, untuk menguji proses-proses investigasi nan kami lakukan. Jadi tidak ada masalah," jelas Asep.

Lebih lanjut, KPK mengaku melakukan sejumlah persiapan guna menghadapi pelaporan-pelaporan tersebut.

"Kami juga mempersiapkan diri tentunya dalam melakukan upaya-upaya paksa itu tentu tidak sembarangan. Kita sudah siapkan mulai dari surat perintahnya, kemudian POB nan ada juga kami ikuti," kata Asep.

KPK menjadwalkan pemeriksaan Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) personil DPR RI periode 2019-2024 pada Kamis (13/6). Perkara ini merupakan kasus menjerat mantan caleg PDIP Harun Masiku.

Namun, Kusnadi tidak datang lantaran mengaku tetap trauma lantaran dibentak oleh pihak penyidik. Selain itu, pihak Kusnadi juga menyambangi Bareskrim Polri untuk menyampaikan laporan.

Adapun sebelumnya, Hasto telah diperiksa sebagai saksi pada kasus ini pada Senin (10/6) lalu. Pada agenda pemeriksaan itu, tim interogator memutuskan untuk menyita handphone hingga kitab catatan milik Hasto.

(pop/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional