Respons Menkes usai Dikritik Dekan FK Unair soal Impor Dokter Asing

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku tak masalah dengan pernyataan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Budi Santoso, nan menolak rencana pemerintah mengimpor master asing ke Indonesia.

"Terus terang saya sendiri enggak terlalu masalah juga dengan komentar beliau ya, lantaran lebih banyak komentar jelek mengenai saya," kata Menkes Budi di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (8/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dia menyebut perihal wacana mendatangkan master asing ke Indonesia itu diperbolehkan secara aturan.

Dengan begitu, menurutnya diskursus soal itu juga telah rampung mengingat norma positif Indonesia memang mengizinkan.

"Kalau misalnya ada publik enggak setuju ya itu sama saja seperti kitanya bilang, pemilihan presiden sudah ditentukan nan menang beliau, 'oh saya enggak setuju', ya kan sudah diputuskan," ujarnya.

Pada saat nan sama, BGS menegaskan perihal pemberhentian Budi sebagai Dekan FK Unair itu merupakan kewenangan Rektor Unair.

Ia menekankan Kemenkes tak mempunyai kewenangan perihal itu.

"Dan kita juga tidak tahu pertimbangannya apa, kenapa diberhentikan saya juga tidak ada komunikasi sama rektor," ucap dia.

Dekan FK Unair, Budi Santoso, dicopot tak lama usai lantang menolak rencana pemerintah mendatangkan master asing ke Indonesia.

Budi menolak rencana itu lantaran menurutnya, nyaris semua dari 92 fakultas kedokteran nan ada di Indonesia bisa meluluskan master berbobot nan tak kalah dengan master asing.

"Secara pribadi dan institusi, kami dari fakultas kedokteran tidak setuju," kata Budi.

Tak lama setelah pernyataan itu, Budi dipanggil ketua kampus hingga akhirnya dipecat sebagai Dekan FK Unair. Ia mengonfirmasi pemberhentiannya pada Rabu (3/7).

Budi mengaku sempat dipanggil Rektor Unair pada Senin (1/7) untuk dimintai keterangan. Ia menduga, argumen pemberhentiannya bertalian dengan penolakan atas rencana pemerintah mendatangkan master asing.

Rektor Unair, M. Nasih tetap irit bicara soal pemecatan tersebut. Ia justru mempertanyakan kenapa media menulis pemecatan itu meski belum mendapatkan salinan Surat Keputusan (SK) Rektor perihal pemecatan Budi.

(mnf/dna)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional