Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan Amankan Hari Bhayangkara di Monas

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 01 Jul 2024 11:53 WIB

Sebanyak 2.959 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7). Sebanyak 2.959 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 2.959 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan perayaan Hari Bhayangkara ke-78 di area Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7).

"Personel campuran tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan lembaga terkait. Personel nantinya bakal ditempatkan di sejumlah titik area sekitar Monas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disampaikan Susatyo, pengamanan ini dilakukan untuk mencegah hal-hal nan tidak diinginkan. Apalagi, seremoni ini juga dibuka untuk masyarakat secara umum.

Susatyo pun turut mengimbau kepada masyarakat nan bakal menyaksikan untuk waspada terhadap tindakan copet. Termasuk, mengimbau kepada penduduk nan membawa anak-anak untuk meningkatkan pengawasan.

"Agar penduduk tertib memandang konser dan rangkaian upacara HUT Bhayangkara ke-78, waspadai pelaku kejahatan seperti copet. Amankan peralatan berbobot seperti handphone, perhiasan, dan dompet," ucap Susatyo.

"Yang membawa anak alias balita agar diperhatikan jangan sampai terlepas pengawasannya. Apabila kelelahan dan sakit segera hubungi petugas medis untuk membantu," imbuhnya.

Polri bakal menggelar puncak seremoni Hari Bhayangkara ke-78 di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (1/7) sore. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam aktivitas tersebut.

"Upacara sekira pukul 15.00 WIB. Inspektur upacara adalah Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu (29/6).

Terkait aktivitas ini, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lampau lintas dan pengalihan arus di sekitar Monas. Kepolisian juga turut mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari area Monas agar terhindar dari kemacetan.

"Pada Senin, 1 Juli 2024, bakal diadakan peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas dan bakal dihadiri oleh kurang lebih 182.000 orang. nan bakal melintas di sekitaran Monas, bisa cek opsi arus lampau lintas nan sudah disediakan ya!" tulis TMC Polda Metro Jaya di akun Instagram, Minggu (30/6).

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional