Ribuan Obat Kuat Ilegal Disita di Bali, Kuda Arab sampai Africa Black

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Denpasar, CNN Indonesia --

Ribuan kotak obat kuat ilegal disita Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar, Bali.

Obat penambah vitalitas laki-laki nan terlarangan ini disita dari seorang laki-laki berinisial SU (39) di rumahnya di area Denpasar Barat, Kota Denpasar, pada Selasa (7/5) kemarin.

Sementara, SU nan merupakan penduduk Denpasar, langsung ditangkap petugas BPOM Denpasar berbareng pihak kepolisian saat melakukan operasi obat kuat terlarangan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini hasil penindakan kita kemarin. Kita temukan produk-produk obat tradisional nan ilegal, baik itu lantaran dia mengandung bahan kimia obat," kata Plh Kepala BPOM Denpasar, I Wayan Eka Ratnata, di Kantor BPOM Denpasar, Rabu (8/5).

"Rencananya hari ini nan berkepentingan kita titipkan penahanan di Polda Bali. Jadi itu, upaya nan kita lakukan dalam langka melindungi ke masyarakat," imbuhnya.

Selain obat kuat, petugas juga mendapatkan bungkusan jamu kesehatan nan terlarangan dan totalnya seluruhnya ada 3.799 kotak dari 44 merk.

Kemasannya mulai dari sirup, kapsul alias tablet, hingga serbuk. Barang nan disita kebanyakan adalah obat kuat untuk pria.

Obat tradisional alias obat bahan alam illegal ini, diketahui mempunyai nomor izin edar fiktif dan taksiran nilai seluruhnya mencapai Rp241 juta (Rp241.499.000).

Dia mengatakan dari pemeriksaan sementara diketahui SU telah menjual obat-obatan terlarangan itu selama dua tahun.

"Nomor izin edarnya ada tetapi itu fiktif. Produk-produk ini ditengarai mengandung bahan kimia obat, di dalam patokan obat tradisional tidak boleh mengandung bahan kimia obat. Karena, bahan kimia obat dosisnya tidak terkontrol sehingga bagi nan mengkonsumsi itu tentunya bakal merusak organ-organ tubuh kita, terutama jantung, ginjal dan hati," kata Wayan Eka.

Wayan Eka mengatakan sejauh ini SU mengaku obat-obatan terlarangan itu didapatkan alias dibeli secara online. Namun, untuk di mana SU mendapatkan peralatan tersebut dan tempat produksi obat kuat terlarangan tetap dilakukan pendalaman.

SU sendiri dikenal sehari-hari sebagai pedagang jamu di Denpasar Barat.

"Kita tetap mendalami kemudian ada pengembangan sumbernya alias kemana dia mengedarkan kita tetap dalami. Dia mengaku mengedarkan secara online nyaris ke semua wilayah jadi tidak hanya di Bali, termasuk ke luar Bali juga," ujarnya.

"Produksinya kita belum tahu ini tempatnya kita tetap dalami. Kita proses penyidikan, ini bakal menjadi peralatan bukti nan kita limpahkan ke kejaksaan. Dan peralatan ini, kebanyakan adalah obat-obatan penambah stamina laki-laki," lanjutnya.

Sementara, peralatan bukti nan disita alias obat kuat nan disita bermerk sebagai berikut:

1. Montalin sebanyak 1.256 kotak, Urat Madu obat kuat dan tahan lama sebanyak 155 kotak dan Urat Madu Black ada 265 kotak dari Pabrik PJ. Air Madu Magelang.

2. Guci Emas, pegal linu masam urat ada 133 kotak dan merk King Jantan, Kopi Kuat sebanyak 61 kotak 

3. Cobra X, obat kuat & tahan lama 157 kotak

4. Mahkota Raga, masam urat & nyeri tulang 137 kotak.

5. Obat Kuat Africa Black Ant ada 270 kotak

6.Kopi Gali-Gali, minuman stamina ada 275 kotak

7. Obat Kuat Ramuan Pak Kumis ada 27 botol

8. Teken Simbah obat kuat unik laki-laki dewasa 12 kotak dan Vitalinu, pegel linu dan nyeri otot 12 kotak, Wantong pegal linu 82 kotak, dan Buah Dewa Asam Urat dan pegal linu 95 kotak, Teken Simbah obat kuat 71 kotak

9. Urat Seribu, unik laki-laki dewasa 12 kotak

10. Tawon ada 49 kotak

11. Kuda Arab, kapsul kuat dan tahan lama 100 kotak

12. Raja Muda, kapsul 14 kotak dan Raja Muda Serbuk 14 kotak

13.Bintang Dua Purba Salam, rematik nyeri tulang 48 kotak dan Bintang Dua Mustika Dewa 85 kotak, Bintang Dua Purba Salam, sesak nafas dan batuk pilek 22 kotak, Bintang dua Purba Salam, masam urat & pegal linu 14 kotak

14. Mallboro, unik laki-laki dewasa 2 kotak

15.Cobra-X, Gatal-gatal (Eksim) 29 kotak

16. Puncak Rasa, obat kuat dan tahan lama 1 kotak

17. Super Kecetit masam urat 45 bungkus

18. Sari Binahong pegal linu masam urat 40 saset

19. Raja Kakatua, sakit gigi dan gusi 20 saset

20. Sakit Gigi dan Gusi Pak Tani 37 saset 

21. Spider (Laba -Laba) 7 kotak

22. Pil Anti Sakit Gigi Pak Tani 3 bungkus

23. Urat seribu, Kapsul unik laki-laki dewasa 12 kotak

24. Greeng Jos Pak De 8 kotak

25. Ranjang Sultan 8 kotak.

(kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional