Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Demo BEM SI Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.231 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan demo nan digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari ini.

"Untuk pengamanan tindakan komponen masyarakat di bulatan Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1.231 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi.

Ribuan personel nan terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan lembaga mengenai ini nantinya bakal ditempatkan di sejumlah titik sekitar Patung Kuda Monas hingga depan Istana Negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disampaikan Susatyo, oleh ribuan personel campuran ini juga disiapkan untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa tindakan masuk ke dalam Istana Negara.

Sementara mengenai pengalihan arus lampau lintas di sekitar bulatan Patung Kuda dan beberapa letak lainnya, tetap berkarakter situasional.

Susatyo menuturkan rekayasa arus lampau lintas dan pengalihan arus bakal diberlakukan memandang perkembangan dinamika situasi di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lampau lintas normal seperti biasa. Kita lihat kelak jumlah massanya, jika kelak di sekitaran bulatan Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas nan bakal mengarah ke jalan Merdeka Barat bakal dialihkan," tuturnya.

Lebih lanjut, Susatyo turut mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak pemberontak dan tidak merusak akomodasi umum. Hormati dan hargai pengguna jalan nan lain nan bakal melintas di bulatan Patung Kuda Monas dan beberapa letak lain," ujarnya.

Selain itu, Susatyo juga mengingatkan kepada seluruh personel nan terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, serta pelayanan nan humanis.

"Personel nan terlibat pengamanan tidak ada nan membawa senjata api, hormati dan hargai kerabat kita nan bakal menyampaikan pendapatnya di muka umum dengan humanis dan profesional," ucap dia.

Berdasarkan agenda nan beredar, tindakan demo nan digelar oleh BEM SI ini bakal berjalan pada pukul 14.00 WIB. Demonstrasi ini berjudul 'Aksi mengadili 10 tahun Kepemimpinan Jokowi'.

(dis/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional