Ribuan Polisi Kawal Demo Tuntut Pembentukan Kabupaten Cilangkahan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 31 Jul 2024 12:30 WIB

Sebanyak 1.949 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan demo menuntut pembentukan Kabupaten Cilangkahan. Ilustrasi. Sebanyak 1.949 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan demo menuntut pembentukan Kabupaten Cilangkahan. (istockphoto/Poetra RH)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.949 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan demo yang digelar oleh Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan dan sejumlah komponen massa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

"Kami melibatkan 1.949 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya.

Susatyo menjelaskan ribuan personel campuran itu terdiri dari personel Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan lembaga mengenai dan bakal ditempatkan di sejumlah titik sekitar Patung Kuda Monas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa tindakan masuk ke dalam Istana Negara.

Lebih lanjut, Susatyo turut mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa.

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak pemberontak dan tidak merusak akomodasi umum. Hormati dan hargai pengguna jalan nan lain nan bakal melintas di sekitar Patung Kuda Monas dan beberapa letak lain," ucap Susatyo.

Sementara itu, berasas unggahan di akun X @TMCPoldaMetro, ruas Jalan Medan Merdeka Barat telah ditutup imbas tindakan demo tersebut.

Kepolisian turut mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tak melintas di sekitar area Patung Kuda untuk menghindari kemacetan.

"Info lalulintas Rabu 31 juli 2024 Pukul 08.00 sampai 18.00 wib( ada perubahan di info kembali) Hindari kepadatan lalulintas hindari seputaran patung kuda,merdeka selatan,merdeka barat Jakarta pusat Ada tindakan masyarakat menyampaikan pendapat Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih," demikian keterangan dalam unggahan itu.

Isu pemisahan Cilangkahan dari Kabupaten Lebak sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Selama ini wilayah Cilangkahan merupakan bagian dari Kabupaten Lebak, Banten. Massa sekarang menuntut pembentukan kabupaten Cilangkahan nan meliputi 11 kecamatan di wilayah Banten selatan. 

(dis/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional