Ridwan Kamil, Arsitek Eks Gubernur Jabar Kini Bertarung di Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 16:48 WIB

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, laki-laki kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 itu pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 nan sekarang berkompetisi di Pilgub Jakarta. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus resmi mendeklarasikan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono pada Senin (19/8).

KIM merupakan koalisi partai politik pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 nan berisi Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora hingga Prima. Sementara Suswono merupakan kader PKS.

Belakangan koalisi berkembang menjadi KIM Plus untuk berkoalisi berbareng di Jakarta. Beberapa partai politik di luar KIM nan berasosiasi ke koalisi di antaranya PKS, PKB dan NasDem.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas siapakah Ridwan Kamil nan diusung KIM Plus sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta mendatang?

Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Sebelum menjabat sebagai gubernur, laki-laki kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 itu pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Politikus nan kerap disapa Kang Emil itu sekarang tergabung di Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Umum.

Ridwan Kamil pernah berprofesi sebagai Arsitek sebelum terjun ke bumi politik.

Ia memulai pendidikan arsitek di program S1 Teknik Arsitek ITB pada 1990 sampai 1995. Setelahnya, Ridwan Kamil melanjutkan pendidikan S2 Master of Urban Design University of California, Berkeley, Amerika Serikat pada 1999 sampai 2001.

Karya arsitektur Ridwan Kamil tidak hanya berada di Indonesia, namun tersebar di penjuru dunia. Salah satu karyanya nan ramai disorot adalah Masjid Syaikh 'Ajlin nan dibangun di Gaza, Palestina.

Ia juga terlibat merancang kota berdikari nan tersebar di beberapa negara dunia. Salah satu nan paling terkenal adalah proyek Marina Bay di Singapura.

Sementara di dalam negeri, Ridwan Kamil mempunyai seabrek gedung nan dirancangnya sendiri. Beberapa gedung monumental dari rancangannya adalah Museum Tsunami Aceh, Masjid Raya Sumatera Barat hingga Masjid Al-Jabbar, Bandung.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional