Rincian Suara Partai dan Perolehan Kursi di DPRD Jakarta 2024-2029

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

DATALOGI

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 06:46 WIB

KPU DKI Jakarta telah menetapkan perolehan bunyi partai politik hasil Pemilu 2024 serta perolehan bangku DPRD Provinsi Jakarta periode 2024-2029. KPU Jakarta juga sudah menetapkan perolehan bangku dan calon terpilih DPRD Jakarta 2024-2019. Total ada 106 bangku nan diperebutkan. PKS sukses menguasai 18 kursi. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU DKI Jakarta telah menetapkan perolehan bunyi partai politik hasil Pemilu 2024 tingkat DPRD Provinsi Jakarta.

Berdasarkan info Keputusan KPU Jakarta Nomor 80 Tahun 2024 nan ditetapkan 27 Juli lalu, jumlah bunyi sah seluruh partai politik pada pemilu kali mencapai 6.065.121

PKS menjadi partai dengan bunyi terbanyak. PDIP menempati posisi kedua, sementara Partai Gerindra ketiga. Disusul NasDem dan Golkar nan berada di posisi empat dan lima.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

KPU Jakarta juga sudah menetapkan perolehan bangku dan calon terpilih DPRD Jakarta 2024-2019. Total ada 106 bangku nan diperebutkan. PKS berhasil menguasai 18 kursi.

Berikut rincian perolehan bunyi dan bangku parpol DPRD Jakarta hingga 10 caleg dengan bunyi terbanyak:

Perolehan bunyi partai tingkat DPRD Jakarta ini menentukan pencalonan gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Pilkada serentak 2024.

Berdasarkan PKPU terbaru berasas putusan Mahkamah Konstitusi (MK), partai nan bisa mencalonkan pasangan gubernur-wakil gubernur minimal mempunyai bunyi 7,5 persen.

KPU Jakarta membuka pendaftaran bakal cagub-cawagub mulai 27 sampai 29 Agustus.

Sejauh ini 10 partai pemilik bangku DPRD Jakarta, selain PDIP, sudah memutuskan mengusung Ridwan Kamil-Suswono. PDIP mempertimbangkan mendukung Anies Baswedan.

Sementara ada pasangan calon perseorangan ialah Dharma Pongrekun-Kun Wardhana nan telah ditetapkan KPU Jakarta. Namun, calon independen ini diduga mencatut KTP penduduk Jakarta.

Ikuti terus paparan info dalam tulisan Datalogi hanya di CNNIndonesia.com.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional