RK Balas Keraguan Rano Karno soal Hunian di Atas Stasiun-Pasar Jakarta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 17:38 WIB

Ridwan Kamil merespons bakal cawagub Jakarta rivalnya, Rano Karno nan meragukan buahpikiran kediaman di atas Stasiun dan pasar. Ridwan Kamil respons keraguan Rano Karno atas idenya di Pilgub Jakarta 2024. (CNN Indonesia/Thohirin)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil yakin pendapat membangun kediaman di atas stasiun dan pasar bakal menjadi solusi. Ia menyampaikan itu dalam merespons bakal Cawagub Jakarta rivalnya, Rano Karno yang meragukan buahpikiran tersebut.

"Kita lakukan makanya enggak hanya di atas stasiun, ada puluhan di atas pasar-pasar. Jadi dikombinasi Insya Allah itu jadi solusi," kata RK ketika ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

RK menilai buahpikiran itu sangatlah realistis. Ia menjawab keraguan Rano nan menyebut buahpikiran itu bukan solusi utama lantaran jumlah stasiun di Jakarta nan jumlahnya juga tak begitu banyak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyatakan poin dari pendapat itu tak bertumpu pada jumlah stasiun. Melainkan, nilai lahan di Jakarta nan hari ini semakin mahal.

"Sehingga di mana ada kesempatan lahan-lahan itu didensifikasi untuk perumahan rakyat social housing sesuai juga aspirasi dan pengarahan Pak Prabowo," ujar dia.

RK pun menceritakan pengalaman pribadinya nan pernah menetap di kediaman di atas stasiun dulu saat tinggal di Hong Kong pada 2001-2003 silam.

Ia menyebut kehidupannya kala itu sangatlah produktif lantaran kemudahan akses dari tempat tinggalnya dulu.

"Turun ke bawah ke basemen langsung ketemu stasiun kereta kan, pulang juga sama," ucapnya.

Rano sebelumnya menilai pendapat RK mendirikan kediaman di atas stasiun di Jakarta itu bukanlah solusi utama. Ia mengaitkannya dengan stasiun di Jakarta nan menurutnya jumlahnya tak begitu banyak.

"Itu kan salah satu solusi, bukan solusi utama. Stasiun di Jakarta bisa dihitung, Tanah Abang, Manggarai, populasi di situ paling berapa sih?" kata Rano di Bogor, Selasa (3/9) mengutip Detik.com.

"Sebetulnya apa, ya? Itu ya mungkin intuisi seorang arsitek. Melihat kebakaran wilayah Manggarai, korban rumah banyak. Ya kenapa, Pak? Gang kecil, sumber air nggak ada, prasarana juga begitu," imbuhnya.

(mnf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional