RK Imbau Hidup-Kerja di 1 Lokasi: Jika Tinggal di PIK, Kerja di PIK

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 24 Agu 2024 19:50 WIB

Ridwan Kamil mengimbau penduduk Jakarta untuk menerapkan style hidup net-zero dengan beraktivitas di satu letak untuk tinggal dan bekerja. Ridwan Kamil (RK) mengimbau penduduk Jakarta untuk menerapkan style hidup net-zero alias nol bersih dengan beraktivitas di satu lokasi, termasuk tinggal dan bekerja di kota nan sama. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ridwan Kamil (RK) mengimbau warga Jakarta untuk menerapkan style hidup net-zero alias nol bersih dengan beraktivitas di satu lokasi, termasuk tinggal dan bekerja di kota alias wilayah nan sama.

Ridwan Kamil adalah salah satu tokoh nan diprediksi ikut ke Pilkada 2024. Ia telah resmi diusung oleh 12 partai politik nan tergabung dalam KIM Plus.

Dalam aktivitas Indonesia Net-Zero Summit 2024 pada Sabtu (24/8), dia mengatakan salah satu upaya untuk mengurangi emisi karbon di Indonesia adalah membiasakan diri membatasi mobilitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau orang tinggal di Kelapa Gading, kerjalah di Kelapa Gading, nongkrongnya juga di Kelapa Gading. Kalau tinggal di PIK (Pantai Indah Kapuk), kerja aja di PIK, dan nongkrong di PIK. Jangan tinggal di sini, kerja di sana," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil berujar konsep hidup seperti ini dikenal dengan mixed-use lifestyle alias style hidup serba guna. Konsep ini menurutnya bakal membantu Indonesia menangani masalah perubahan suasana nan sedang merajalela.

"Kita bangun konsep nan namanya mixed-use lifestyle. Bukan single-use lifestyle. Kalau single-use lifestyle seperti sekarang. Tinggal di Depok, kerjanya di Sudirman Thamrin," ujarnya.

"Suatu hari negara ini kudu punya konsep mixed-use lifestyle. Tinggal di situ, kerja di situ, main di situ. Live, work, and play di satu lokasi," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga menyarankan masyarakat untuk tidak melakukan pembelian peralatan secara impor.

Dia menekankan proses mengimpor peralatan menghasilkan karbon nan sangat besar.

"Mengimpor kan pakai pesawat, kapal, dan lain sebagainya. Jadi membeli produk UMKM itu bagian dari climate action. Karena jika ada baju tanpa merek buatan lokal, (dibandingkan) dengan kudu beli merek nan mahal (yang melewati proses impor), mending beli nan merek lokal," katanya.

"Jadi campaign beli UMKM itu bagian dari climate action paling sederhana nan bisa dilakukan."

(qis/vws)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional