RK Respons Syarat Pendaftaran Belum Terpenuhi di KPU: Pasti Dilengkapi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengaku belum dikabari perihal persyaratannya nan dinyatakan belum komplit oleh KPU Jakarta.

RK mengatakan dia bakal melengkapi persyaratan nan belum komplit itu kepada KPU.

"Saya belum dikabari, jika KPUD kurangnya di mana tapi pasti dilengkapi," kata RK di Jakarta, Kamis (5/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

KPU Jakarta sebelumnya menyatakan arsip persyaratan dari tiga bakal paslon nan mendaftar di Pilkada Jakarta 2024 belum memenuhi syarat.

Ketua KPU Wahyu Dinata menyampaikan mereka kudu segera melengkapi dan melakukan perbaikan.

"Bahwa ketiga pasangan calon belum memenuhi syarat dan kudu melengkapi dan melakukan perbaikan untuk ke depannya," kata Wahyu di Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Wahyu menyatakan para bakal paslon diberi waktu pada 6-9 September untuk melengkapi berkas untuk kemudian KPU memeriksa kembali kelengkapan arsip persyaratan.

Secara umum, dia menjelaskan arsip persyaratan nan belum memenuhi syarat itu di antaranya belum adanya surat keterangan pailit, surat tanda terima laporan LHKPN, pas foto, gelar akademik, hingga surat pengunduran diri sebagai personil DPR alias caleg terpilih.

"Ada tanda terima laporan kekayaannya juga tetap belum disetorkan. Terus surat keterangan tidak mempunyai tunggakan pajak juga belum ada. Pas foto tetap warna-warnanya beda-beda," ujar Wahyu.

"Penggunaan gelar akademik nan belum bisa dibuktikan dengan piagam terakhirnya. Nah, ini nan secara garis besar kami menyampaikan bahwa ketiga pasangan calon tetap belum memenuhi syarat," imbuhnya.

RK menjadi salah satu kontestan di Pilkada Jakarta 2024. Ia berpasangan dengan kader PKS, Suswono.

Mereka diusung oleh Koalisi Indonesia Maju Plus nan diisi 14 partai ialah Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda, dan PKN.

RK-Suswono bakal berhadapan dengan Pramono-Rano Karno nan diusung PDIP dan Hanura. Lalu, Dharma Pongrekun-Kun Darma lewat jalur independen.

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional