RK Singgung Anies hingga Ahok Usai Resmi Diusung Cagub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengatakan pihaknya bakal melanjutkan pekerjaan nan telah dilakukan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dan para mantan gubernur seperti Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil usai menerima support dari 12 partai politik untuk maju sebagai cagub pada Pilgub Jakarta 2024, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8).

"Saya juga secara akal sehat mengatakan semua gubernur terdahulu sudah melakukan kerja-kerja nan baik. Kami komit melanjutkan prestasi, perihal baik nan sudah dilakukan Pak Heru sebagai Pj, oleh Pak Anies sebagai gubernur terdahulu, Djarot, Ahok, Jokowi," kata laki-laki nan berkawan disapa RK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Semua punya jejak prestasi, jika perihal itu baik kami bakal lanjut dan pertahankan, jika tetap kurang kami bakal sempurnakan," ujarnya menambahkan.

RK mengaku bakal bekerja keras untuk mewujudkan Jakarta maju lima tahun ke depan. Ia pun senang Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka datang dalam deklarasinya.

"Kami sangat senang ada Gibran di sini lantaran dengan UU nan baru Wapres RI diberi tugas untuk koordinasi aglomerasi Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Dalam aktivitas deklarasi ini Ridwan Kamil dan Suswono kompak mengenakan kemeja putih dengan celana panjang chino. Sejumlah petinggi partai KIM Plus juga mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan.

Diawali Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, kemudian Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum Gelora Fahri Hamzah, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, hingga Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Muzani nan membacakan deklarasi berbareng para sekjen partai pendukung Ridwan Kamil-Suswono.

"Pada hari ini Senin 19 Agustus 2024 partai politik nan tergabung dalam koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Baru menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada pemilihan kepala wilayah unik Jakarta 2024-2029," kata Muzani dalam aktivitas deklarasi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8).

KIM Plus ini terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PKS, NasDem, PKB, Partai Gelora, Partai Garuda, Perindo, hingga PPP. Total ada 12 partai pengusung Ridwan Kamil-Suswono. Para sekjen partai nan datang langsung menandatangani surat deklarasi.

KIM merupakan koalisi parpol pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Sementara Suswono merupakan kader PKS.

Partai-partai KIM sebetulnya sudah cukup untuk mengusung pasangan calon di Pilgub DKI Jakarta 2024. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul wacana 'KIM Plus'. Mereka membujuk partai di luar koalisi untuk bergabung.

Tersisa PDIP nan belum mempunyai cagub-cawagub di Pilkada Jakarta. PDIP nan diprediksi meraih 15 bangku DPRD Jakarta tak cukup untuk mengusung sendiri pasangan cagub-cawagub.

Anies nan ditinggal PKS dan NasDem juga semakin susah berkompetisi di Pilkada Jakarta 2024. PDIP tak cukup bangku untuk mengusung Anies sendirian.

Di sisi lain muncul pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan alias independen Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.

KPU DKI Jakarta sudah menyatakan pasangan ini lolos verifikasi aktual meskipun muncul dugaan pencatutan KPT penduduk Jakarta untuk mendukungan Dharma-Kun.

(mnf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional