RK-Suswono Beber Program Maju Pilgub DKI di Depan Kader Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK)-Suswono, membeberkan program nan bakal dijalankan jika menang Pilgub 2024.

RK mengatakan ada lebih dari 70 pendapat nan sudah dia siapkan untuk mengatasi persoalan di Jakarta.

"Kalau ditanya gimana solusi-solusi, Insyaallah semua visi-misi sudah dibuat, ada 70-an pendapat sudah disiapkan. Semua menjawab persoalan apa itu Jakarta Baru, gimana mengatasi banjir di Utara dengan air laut naik, Insyaallah sudah ada solusi," kata RK dalam aktivitas silaturahmi di Kantor DPD Golkar, Jakarta, Sabtu (24/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

RK menuturkan dia juga sudah menyiapkan solusi untuk masalah banjir di Jakarta Selatan. Dia menekankan pengalamannya membangun dua waduk di Bogor nan membantu air hujan "parkir" terlebih dahulu.

RK juga memperkenalkan tiga prinsip nan bakal dia jalankan jika menang Pilgub Jakarta. Tiga prinsip itu ialah DKI namalain Desentralisasi, Kolaborasi, dan Inovasi.

"D itu desentralisasi. Kami bakal mendesentralisasikan banyak urusan-urusan agar tidak semua terpusat ke gubernur. Kita bakal berdayakan di pendapat satu kecamatan satu perencana alias arsitek, sehingga nan rapi tidak hanya Sudirman-Thamrin tapi seluruh pelosok-pelosok barat utara tersentuh oleh perubahan," kata RK.

K merujuk pada Kolaborasi. RK berujar urusan merancang Jakarta ialah tugas bersama, sehingga perlu ada sistem di mana siapapun nan mau memajukan Jakarta bisa berasosiasi dalam tim pembangunan kota Jakarta.

"Ketiganya I: Inovasi. Itu berfaedah (akan) banyak perihal baru tiba-tiba ada," ucap RK.

"Jadi kemana-mana jika lihat Jakarta kok Insya Allah banyak perubahan, semua itu (sesuai prinsip) didesentralisasikan agar cepat, selalu kolaboratif lantaran ini milik bersama, dan selalu inovatif, enggak B (biasa) aja, enggak gitu-gitu aja," lanjutnya.

Bangun rumah tanpa atap

Dalam kesempatan nan sama, Suswono juga memaparkan gagasan-gagasan nan bakal dia jalankan sebagai wakil gubernur Jakarta jika menang Pilgub.

Suswono mengatakan sebagai mantan Menteri Pertanian, dia bakal mengusahakan jalanan-jalanan di Jakarta ditanami pohon guna mengurangi polusi udara.

Lebih lanjut, jika memungkinkan, dia juga mau membangun rumah-rumah tanpa genteng. Niatnya, agar bisa dibuat pertanian kota dengan bagian rumah paling atas di dak.

"Itu pun memungkinkan lantaran kita berterima kasih mentari bercahaya setiap hari, ya sayang jika tidak ditangkap oleh tanaman oleh pohon," ujarnya.

Ridwan Kamil-Suswono diusung oleh 12 partai politik (parpol) sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

Kedua belas parpol ialah Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Seluruhnya tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.

RK-Suswono bakal mendaftar Pilgub Jakarta ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 28 Agustus mendatang. Rencananya bakal dilakukan selepas salat Dzuhur.

(blq/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional