RK-Suswono Diusung 12 Partai, Anies dan PDIP Tak Bisa Ikut Pilkada DKI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 17:47 WIB

Koalisi besar pengusung Ridwan Kamil-Suswono membikin kesempatan PDIP dan Anies Baswedan tertutup untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono maju Pilkada Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Muhammad Naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus telah mendeklarasikan pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 pada Senin (19/8) petang.

KIM Plus merupakan partai koalisi pendukung Ridwan Kamil-Suswono nan berisikan 12 partai politik.

Koalisi ini beranggotakan Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, Gelora, Garuda, PKB, PKS, Perindo, PPP dan NasDem.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut hasil Pemilu 2024, Golkar diprediksi memperoleh 10 kursi, Gerindra 14 kursi, Demokrat 8 kursi, PAN 10 kursi, dan PSI 8 bangku di DPRD DKI Jakarta. Kemudian, PKS 18 kursi, PKS 10 kursi, serta NasDem 11 kursi.

KIM plus diprediksi menguasai 89 bangku di DPRD DKI Jakarta. Dengan demikian, RK dan Suswono sudah dipastikan meraup support 10 dari 11 partai nan sukses menempatkan wakilnya di DPRD DKI Jakarta.

Kondisi koalisi besar pengusung Ridwan Kamil-Suswono ini membikin kesempatan PDIP dan Anies Baswedan tertutup untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

PDIP hanya mempunyai 15 bangku di DPRD DKI Jakarta. Partai ketua Megawati Soekarnoputri itu tak bisa mengusung pasangan calon sendiri.

Berdasarkan UU Pilkada, setidaknya parpol alias koalisi parpol butuh 22 bangku sebagai syarat mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Jakarta.

Sementara Anies Baswedan nan sempat digadang-gadang bakal maju di Pilgub DKI Jakarta juga tertutup peluangnya. Padahal, Anies awalnya telah didukung oleh DPP PKS berpasangan dengan Sohibul Iman. Anies juga didukung oleh PKB dan NasDem di tingkat provinsi Jakarta. Namun, ketiga partai tersebut sekarang telah kembali badan mendukung RK-Suswono.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional