Roadshow Wildlife Journalism Competition 2024 Digelar di Bali dan Ambon

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat Studi Komunikasi Lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menggelar aktivitas roadshow Wildlife Journalism Competition 2024 di beragam wilayah di Indonesia, salah satunya Ambon pada Senin (24/6).

Berkolaborasi dengan Garda Animalia, Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO), dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), gelaran roadshow ini dilakukan dalam rangka promosi Wildlife Journalism Competition 2024.

Kompetisi jurnalistik terbesar di Indonesia tersebut bermaksud untuk membujuk mahasiswa mengangkat rumor konservasi satwa liar di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengusung tema "Interaksi Negatif Manusia-Satwa dari Sudut Pandang Jurnalisme Lingkungan", aktivitas nan berjalan di Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon tersebut dihadiri oleh sejumlah master serta mahasiswa.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad Dadang Rahmat Hidayat berambisi aktivitas ini dapat meningkatkan kesadaran bakal pentingnya konservasi satwa liar melalui karya jurnalistik.

"Jurnalis muda di Ambon diharapkan menjadi salah satu finalis dan sukses mendapatkan juara pada grand final nan diadakan di Bandung pada November nanti," ujar dia dalam keterangannya.

Senada, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Universitas Pattimura Paulus Koritelu mengapresiasi aktivitas dan kerja sama dalam Wildlife Journalism Competition 2024.

"Saya sangat berambisi ini menjadi bagian autokritik bagi kita semua nan sering kali tidak mempertimbangkan makhluk hidup lain nan juga berkedudukan krusial bagi hidup kita semua," ujar Paulus.

Sebagai informasi, WJC 2024 telah berjalan di Medan, Surabaya, Pekanbaru, dan Bali. Setelah itu, rangkaian aktivitas WJC 2024 dilanjutkan di Ambon dan Pontianak sebelum grand final di Bandung pada November nanti.

Kompetisi ini membujuk mahasiswa mengangkat rumor konservasi melalui tulisan feature, photo story, dan dokumenter untuk berkedudukan dalam perlindungan satwa liar dari ancaman penyelundupan hingga zoonosis.

Tujuan utama dari WJC adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya konservasi satwa liar melalui kewartawanan lingkungan.

Kompetisi ini membujuk wartawan muda, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mengangkat isu-isu mengenai konservasi satwa liar melalui beragam corak karya jurnalistik seperti tulisan feature, photo story, dan dokumenter.

WJC diharapkan dapat memotivasi peserta untuk lebih peduli terhadap hubungan antara manusia dan satwa liar, serta mendorong upaya konservasi nan lebih efektif melalui pemberitaan nan informatif dan edukatif.

Kompetisi ini juga mencakup seminar dan workshop nan menghadirkan pakar-pakar di bagian konservasi, kesehatan hewan, dan kewartawanan sehingga peserta mendapatkan pengetahuan dan keahlian nan dibutuhkan untuk menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

(fef)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional