Rombongan Jemaah Haji Tiba di Arafah Jelang Wukuf

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

LAPORAN HAJI DARI ARAB SAUDI

CNN Indonesia

Sabtu, 15 Jun 2024 12:54 WIB

Jemaah dijadwalkan menghabiskan waktu di Arafah hingga terbenamnya mentari sebelum melanjutkan ritual haji ke Muzdalifah. Jemaah haji unik asal Indonesia sudah tiba di Arafah jelang dimulainya Wukuf pada puncak ibadah haji, Sabtu (15/6). (CNN Indonesia/ Haryanto Tri Wibowo)

Jakarta, CNN Indonesia --

Jemaah haji khusus asal Indonesia sudah tiba di Arafah jelang dimulainya Wukuf pada puncak ibadah haji, Sabtu (15/6).

Rombongan jemaah haji berangkat Dari Wisma Transit nan berlokasi di wilayah An Nassem, Makkah, pada pukul 03.00 awal hari waktu Arab Saudi.

Meski jarak Wisma Transit ke Arafah kurang dari delapan kilometer, namun bus nan membawa jemaah kudu menempuh perjalanan hingga dua jam lantaran kemacetan di jalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah, hari ini tepat 9 Zulhijah nan merupakan puncak ibadah haji jemaah sudah bergerak dari tempat transit ke sini sekitar jam tiga pagi, alhamdulillah ketika menjelang Subuh kita sudah tiba. Hari ini adalah aktivitas inti dari haji ialah Wukuf di Arafah," ujar Muhammad Firman Taufik, Direktur Utama Tibi Tours.

Jemaah haji unik Tibi Tours menempati Maktab 333 di Arafah. Setibanya di Maktab, para jemaah langsung menjalani salat Subuh. Selain itu jemaah haji dijadwalkan menjalani sejumlah aktivitas selama Wukuf di Arafah.

Jemaah dijadwalkan menghabiskan waktu di Arafah hingga terbenamnya mentari sebelum melanjutkan ritual haji ke Muzdalifah.

"Setelah ini kita rehat hingga waktu Zuhur, kemudian kita bakal bangun saat Zuhur dan kemudian mendengar khutbah Arofah nan bakal dipimpin Prof Habib Ahmad Alkaff, dilanjutkan dengan salat Zuhur dan Ashar dijamak, dilanjutkan makan siang," kata Firman Taufik.

"Kemudian jemaah dipimpin untuk zikir berbareng sampai waktunya ashar, waktunya ashar jemaah bisa angan mandiri, zikir mandiri, sampai menjelang magrib. Setelah mentari tenggelam, waktu arafah sudah dinyatakan selesai," ujarnya menambahkan.

Firman Taufik mengatakan kesehatan para jemaah calon haji tetap terjaga.

"Alhamdulillah mereka semua dalam kondisi sehat walafiat, meski ada nan tensinya naik, perkiraan kami lantaran makan dan kurang bergerak jadi tensinya naik, tapi sejauh ini alhamdulillah baik-baik saja," ucapnya.

(fra/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional