Rupiah Hari Ini Diprediksi Melemah hingga Rp 16.030 per Dolar AS

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, Selasa, 21 Mei 2024 bakal ditutup melemah. 

"Sedangkan untuk besok, mata duit rupiah fluktuatif, namun ditutup melemah di rentang Rp 15.960 - Rp 16.030," katanya melalui analisisnya pada Senin, 20 Mei 2024.

Pada akhir perdagangan kemarin, kurs rupiah ditutup melemah melemah 23 poin ke level Rp 15.978 per dolar AS. Ibrahim menuturkan, info pekan lampau menunjukkan bahwa nilai konsumen AS bulan April menurun. Akibatnya, pasar memperkirakan penurunan suku kembang sebesar 50 basis points (bps) alias setidaknya ada dua kali penurunan suku kembang tahun ini. 

Akan tetapi, sejumlah pejabat The Fed telah memberikan peringatan tentang kemungkinan waktu penurunan suku bunga. Oleh lantaran itu, para pedagang bertaruh pada pelonggaran sebesar 46 bps pada tahun ini dan hanya penurunan suku kembang pada November nan sudah diperhitungkan sepenuhnya. 

"Fokusnya sekarang adalah pada laporan indeks nilai Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) ukuran inflasi pilihan The Fed nan bakal dirilis pada tanggal 31 Mei," kata Ibrahim.

Di samping itu, pasar juga bakal konsentrasi pada risalah pertemuan terakhir The Fed pada Rabu ini. Purchasing Managers' Index (PMI) awal untuk area euro, Jerman, Inggris dan AS juga bakal dirilis pekan ini, berbareng dengan daftar pembicara The Fed nan lengkap.

Selanjutnya: Dari domestik, ahli ekonomi memperkirakan defisit transaksi berjalan....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis