Sambil Live Painting, SBY Selipkan Pesan Buat Prabowo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan sesi live painting berbareng seniman lukis Naufal Abshar di aktivitas Creativepreneur Summit 2024. Sambil melukis secara langsung itu, SBY menyelipkan pesan untuk presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ia berambisi agar Prabowo mendengarkan harapan-harapan nan disampaikan Naufal selaku seniman muda nan mau pemerintah mempermudah akses bagi para seniman untuk memamerkan ataupun mengirimkan karya ke luar negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Itu (harapan Naufal) saya kira mewakili generasi muda. Mudah-mudahan Pak Prabowo, pemimpin berikutnya, mendengarkan ini. Karena support dari pemimpin, dari negara, sangat-sangat penting. Saya punya pandangan begini, tugas negara, tugas pemerintah, tugas siapapun, gimana langkah meningkatkan quality of life dari masyarakat kita makin baik, sejahtera, punya pekerjaan," kata SBY dalam sesi live painting di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (25/8), dilansi detikFinance.

Menurut SBY, jika masyarakat tetap bergulat dengan persoalan pangan alias kebutuhan dasar lainnya, kemungkinan masyarakat bakal susah untuk masuk ke bumi nan bisa mengapresiasi karya seni hingga olahraga. Karena itu, edukasi perlu dibarengi dengan penyelesaian persoalan tersebut.

"Jadi jangan salahkan mereka. Sampai suatu saat Indonesia punya income per kapita US$ 10-15 ribu per tahun, we can talk to them, they will talk to us. Mereka bakal betul-betul menghargai bumi seni, bumi olahraga, dan mereka memilih to spend, to contribute," ujar SBY.

"Oleh lantaran itu, sekali lagi, amanah bagi para pemerintah, tingkatkan kesejahteraan rakyat kita, sehingga pada saatnya, Indonesia seperti negara maju, menyenangi seni, menyenangi museum, menyenangi seperti aktivitas sekarang ini, dan lain-lain. Karena mereka sudah bisa mengatasi kebutuhan sehari-hari," tambahnya.

Pada kesempatan itu, SBY juga menceritakan kisahnya nan memilih mendalami seni lukis. SBY mengatakan dirinya mulai melukis sejak tiga tahun lalu.

Alasan utama nan membuatnya mulai mendalami seni ini berangkat dari kenangannya berbareng sang istri, Ani Yudhoyono, nan wafat 2019 silam.

"Ibu Ani sudah banyak mendalami fotografi, memang hasil foto Ibu Ani banyak dan bagus-bagus. 'Nanti jika mulai saatnya itu bisalah dilukis, sehingga kita bakal senang, saya nan foto', terus bilang saya, 'Bapak nan melukisnya'," ucap dia.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional