Sandiaga soal Rebutan Kursi Ketua Kadin Arsjad Rasjid Vs Anindya Bakrie: Saya Lahir dari Rahim Kadin

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menanggapi polemik nan terjadi dalam tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Ia  menyatakan bahwa pihaknya tidak bakal mencampuri urusan internal organisasi nan pernah menaunginya tersebut.

“Saya lahir dari rahim Kadin," ujar Sandi pada awak Media saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Selasa, 19 September 2024. Ia menyebut Kadin merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan ekonomi dan kementeriannya sangat mengandalkan kemitraan dengan Kadin.

Seperti nan diketahui, Sandiaga Uno juga sempat menjabat menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Uaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kadin periode 2004.

“Kami berambisi Kadin solid, (namun) kami tidak bakal mencampuri urusan internal Kadin,” lanjutnya.

Meski demikian, Sandi berambisi Kadin segera menemui kesatuan pendapat dan menyelesaikan kisruh nan terjadi di internal. Ia mengaku percaya bahwa Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie dapat menyelesaikan persoalan ini.

“Saya berkawan baik dengan Pak Arsjad, apalagi Pak Anin itu udah kayak adik sendiri. Saya percaya mereka berdua bisa menyelesaikan (permasalahan ini) lantaran mereka berdua sangat bijaksana,” ungkapnya.

Iklan

Sebelumnya, kubu Anindya Bakrie mengumumkan terpilihnya Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu, 14 September 2024. Munaslub ini, disebut-sebut didukung oleh kebanyakan pengurus Kadin di Tingkat wilayah serta Anggota Luar Biasa Kadin. Dengan terpilihnya Anin, otomatis mendongkel kepengurusan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin sebelumnya.

Di sisi lain, kubu Arsjad menyatakan bahwa gelaran ini tidak sah dan menyalahi AD/ART Kadin. Melalui Konferensi Pers nan diadakan keesokan harinya, Ahad, 15 September 2024, Arsjad Rasjid dan sejumlah petinggi Kadin nan lain, menyuarakan ketidaksetujuannya atas Munaslub Kadin 2024. Mereka juga menyatakan bahwa kebanyakan pengurus Kadin di Tingkat wilayah menentang hasil Munaslub nan memenangkan Anin tersebut. 

Hingga sekarang polemik ini tetap terus bergulir. Kadin di bawah Arsjad mengaku telah melakukan investigasi terhadap Musyawarah Luar Biasa (Munaslub). Hasil dari investigasi tersebut menyatakan bahwa Munaslub tidak sah dan tidak memenuhi syarat nan tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi tersebut.

Han Revanda Putra berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Kubu Anindya Bakrie Ungkit Keterlibatan Jokowi dan BIN dalam Muluskan Arsjad Rasjid Terpilih di Munas Kadin 2021

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis