Sandiaga Uno: Target Perputaran Uang WIES 2025 Rp 500 Miliar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menargetkan perputaran duit pada World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2025 bisa mencapai Rp 500 miliar.

"Dengan persiapan nan lebih matang dan peserta nan lebih banyak, kita menargetkan WIES 2025 nan bakal digelar di Sumatera Barat pada 2025 bisa mencapai Rp 500 miliar," kata Sandiaga Uno di Padang, Minggu, 7 Juli 2024.

Ia mengatakan itu usai membuka agenda Road to WIES 2025 sebagai langkah promosi aktivitas nan rencananya digelar pada September 2025.

Sandiaga Uno menilai persiapan WIES 2025 semestinya bisa lebih matang lantaran itu merupakan agenda kedua setelah sukses dilaksanakan pada 2023 di Kota Padang.

Menurutnya dengan pengalaman dan pertimbangan terhadap penyelenggaraan nan pertama, ditambah lagi dengan waktu sosialisasi dan promosi nan cukup panjang, tentu diharapkan WIES 2025 bisa lebih besar.

"Kalau pada WIES 2023 peserta datang dari 20 negara, maka agenda selanjutnya kudu lebih banyak. Demikian juga untuk jumlah kunjungan kudu jauh lebih banyak dari capaian 10 ribu orang pada 2023," katanya.

Ia melanjutkan pada 2023, terdata perputaran duit bisa mencapai Rp146,8 miliar. Maka sasaran WIES 2025 kudu lebih besar, jika bisa mencapai Rp500 miliar.

Iklan

Ia menilai semakin besar gelaran WIES nan bisa dilaksanakan, gaungnya bakal semakin besar dan posisi Sumbar sebagai epicentrum industri dan pariwisata legal bumi semakin diakui.

Terkait pariwisata halal, dia optimistis Sumbar juga bisa menjadi nan terdepan lantaran punya modal besar ialah pernah mendapatkan penghargaan World Best Halal Culinary.

"Pariwisata legal itu sangat berjuntai pada kuliner. Maka Sumbar sudah mempunyai modal untuk itu," ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan WIES 2025 lantaran bakal membuka banyak kesempatan bagi industri dan pariwisata legal untuk lebih dikenal dunia.

"Kita punya sasaran 8,2 juta pergerakan visitor pada 2023, WIES memberikan kontribusi untuk capaian sasaran itu karenanya kita optimis de depan dengan WIES ini, jumlah pergerakan visitor juga bisa terus meningkat," katanya.

Pilihan Editor: Alasan Erick Thohir Sebut PMN Tidak Hanya untuk BUMN Sakit, Tapi Juga Penugasan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis